twitter

Pages

Senin, 10 Februari 2020

Keseruan Mahasiswa Belajar Food Technology Applications Bersama Chef Endang


Mahasiswa Pastry Class Praktik Buat Empat Varian Rasa Jelly Drink di Kitchen Modern Graha Tristar


UNTUK kali ketiga, sekitar 15-an mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, dibekali pengetahuan seputar Food Technology dan aplikasinya pada makanan dan minuman. Kali ini mahasiswa diajarkan teknik membuat empat varian rasa Jelly Drink, di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Senin  (10/02/2020) siang. Mereka diasuh oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar.


Praktik awal pekan ini masih satu rangkaian dengan tatap muka pekan-pekan sebelumnya. Pada Senin (03/02/2020), pekan lalu, mahasiswa Pastry (P1) Kelas Siang itu diajarkan teknik membuat Kripik Ubi Ungu (Purple Yam Chips) dan pada Senin 27/01/2020), akhir bulan lalu, mahasiswa dibekali cara membuat Syrup Lychee serta cara mengaplikasikannya pada minuman

Pada awal pekan ini, Senin (10/02/2020) siang, mahasiswa Pastry Class Akpar Majapahit kembali diajarkan oleh Chef Endang, sapaan akrabnya, seputar cara membuat Jelly Drink, minuman kekinian yang disuka anak-anak milenial.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Jelly Drink, antara lain buble jelly (bisa diganti biji selasih atau nata de coco), jelly gum, sugar, citric acid, buffer citrate  (potassium citrate), hot water, food coloring, food flavouring, siklamat (pemanis buatan) dan natrium benzoate (pengawet makanan) dan botol plastik ramah lingkungan.

Pekerjaan pertama yang dilakoni mahasiswa adalah memasukkan bumble jelly ke dalam botol plastik yang sudah dibersihkan sebelumnya. Menyiapkan air sebanyak satu liter untuk direbus sampai masak hingga suhu 100 *C.

Bahan-bahan seperti sugar, citric acid, buffer citrate dimasukkan dalam air panas sambil diaduk rata. Untuk mendapat warna menarik dan cita rasa sesuai keinginan, disiapkan food coloring dan food flavouring.

Untuk Jelly Drink dengan varian rasa lychee, misalnya dipilih warna hijau, sedangkan varian rasa mango dipilih warna biru, sedangkan varian rasa strawberry dipilih warna merah dan varian rasa hasil kombinasi biru dan merah untuk Jelly Drink rasa orange.

Sebelum praktik di kitchen pastry Graha Tristar, kemarin siang, Chef Endang juga menjelaskan fungsi beberapa bahan yang dipakai membuat Jelly Drink. Misalnya, buffet citrate tipe P bisa disubstitusi dengan Potassium Citrate untuk mencegah buble jelly cepat meleleh, makanya diberi bahan penyangganya yang bersifat asam yang disebut buffer citrate.

Penggunaan siklamat sebagai pengganti gula bisa direkomendasikan untuk tujuan komersial dalam sebuah home industry. Begitu juga pengaplikasikan bahan pengawet makanan, natrium benzoate juga bisa diterapkan agar Jelly Drink yang diproduksi bisa tahan sampai enam bulan.

Dalam praktik kali ini, penggunaan benzoate sifatnya optional. Jika mahasiswa keberatan, maka pengawet makanan itu tidak ditambahkan ke dalam olahan Jelly Drink. Jika tanpa benzoate maka Jelly Drink itu masih layak dikonsumsi sampai tiga hari dari tempat penyimpannya di dalam kulkas,” kata Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group di hadapan anak didiknya, kemarin siang.

Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan.

Oleh karena itu, materi praktik Food Technology Applications yang diberikan kepada mahasiswa Pastry Class pun dipilihkan yang saat ini lagi disuka konsumen dan masih tetap booming di pasaran. Dalam berbagai kesempatan, pihaknya juga mengenalkan tentang pentingnya membuat kemasan produk yang cantik sehingga menarik minat konsumen untuk membelinya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar