twitter

Pages

Minggu, 09 Februari 2020

Melihat Kehebohan Mahasiswa Culinary Class Cooking Battle Indonesian Food


Mahasiswa Culinary (C2) Kelas Siang Sajikan Ayam Goreng Kalasan, Ayam Bumbu Manado dan Nasi Putih

MAHASISWA Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang menampilkan Ayan Goreng Kalasan, Ayam Bumbu Manado dan Nasi Putih, usai pergelaran cooking battle Indonesian (Traditional) Food di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (05/02/2020) siang. Selama praktik di dapur kuliner, mahasiswa disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani, S.Pd., M.Kes.


Dua menu masakan khas dari beberapa daerah di Indonesia itu sangat populer di lidah orang Surabaya karena kelezatannya. Kepopuleran Nasi Putih, Ayam Goreng Kalasan dan Ayam Bumbu Manado ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit.

Mahasiswa pun tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing. Suasana di dapur siang itu pun menjadi semakin heboh dan seru banget!

Dalam praktik masak kali ini, 18 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam delapan kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan dua orang. Setiap kelompok diminta membuat dua menu masakan khas Indonesia (belum termasuk tugas masak Nasi Putih), dengan durasi masak sekitar dua jam sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya.

Karena itu Chef Nadya, sapaan akrabnya, meminta masing-masing kelompok untuk tampil all out dalam acara cooking battle, demi gengsi setiap kelompok sekaligus juga bertujuan untuk mengetahui kelompok mana yang terbaik dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan rasanya. 

Selama battle masak dua menu Indonesian (Traditional) Food siang itu, masing-masing kelompok mahasiswa Culinary Class itu berupaya sebaik mungkin membuat Ayam Goreng Kalasan dan Ayam Bumbu Manado. Dua menu masakan Indonesian (Traditional) Food ini ternyata juga cukup populer di lidah orang Jatim terutama Surabaya dan sekitarnya.

Untuk membuat Ayam Goreng Kalasan, misalnya, bahan yang disiapkan antara lain chicken, coconut water, vetsin, salt, candlenut, clove, garlic, coriander, palm sugar, salam leaf dan lemongrass. Sedangkan untuk membuat salsa-nya sendiri, memanfaatkan bahan seperti shallot, tomato, palm sugar, hot chili, shrimp cake, tamarind, salt dan sugar.

Selain masak Ayam Goreng Kalasan, mahasiswa Culinary (C1) Kelas Siang juga diajarkan teknik membuat Ayam Bumbu Manado. Untuk masak Ayam Bumbu Manado yang lezat, sedikitnya ada dua tahapan pekerjaan yang dilalui.

Pekerjaan pertama menyiapkan ayam dan duck egg (telur bebek). Sebelum diolah lebih lanjut, daging ayam dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan, kemudian dimasak sampai dagingnya empuk.

Pekerjaan  berikutnya adalah membuat bumbu (spices)-nya. Bahan yang dibutuhkan untuk bumbunya sendiri meliputi shallot, green chili, red chili, ginger, lemongrass, scallion, cumin, chives, local basil dan pandan leaf. Untuk menghasilkan aroma wangi, bumbu ditumis terlebih dulu hingga matang.

Jika bumbu Ayam Bumbu Manado sudah siap, barulah daging ayam yang sudah dilumuri telur bebek dimasak jadi satu hingga bumbunya meresap sempurna. Untuk menghilangkan aroma amis dari telur bebek, Anda bisa menambahkan sedikit cuka atau asam yang sudah matang.

Sementara itu mem-plating-nya agar tampilannya cantik dan menarik, maka penyajian Ayam Goreng Kalasan, Ayam Bumbu Manado dan Nasi Putih bisa ditempatkan dalam satu piring kemudian disajikan di meja uji untuk dinilai dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Tiga kriteria penilaian tersebut, sesuai standar industri perhotelan.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar