twitter

Pages

Senin, 10 Februari 2020

Melihat Keasyikan Mahasiswa Mengunjungi Foodture Bistro di Penjairngan Sari, Rungkut Surabaya


Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Dikenalkan ”Basic Barista Knowledge & Practices” 
 
DEMI mengaplikasikan mata kuliah Leadership dan Teknik Supervisi, 18 orang mahasiswa Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, belajar meracik kopi (Barista) sesuai standar industri di Foodture Bistro, Kamis (06/02/2020) siang. Tujuannya untuk mengetahui lebih dekat teknik meracik kopi (Barista) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju Foodture Bistro yang beroperasi di Jl. Dr Ir Soekarno No. 485 Penjaringan Sari, Rungkut Surabaya (Kawasan Middle East Ring Road [MERR], Surabaya Timur) tersebut sekitar pukul 10.30. Perjalanan sejauh 15-an kilometer ditempuh 30 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 11.00 WIB.

Dosen Pengajar yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Kamis (06/02/2020) siang itu adalah  R. Paulus W. Soetrisno M.Par (Dosen Mata Kuliah Leadership) dan dua orang kru Divisi Multimedia dari Akpar Majapahit. Kedatangan 18 mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbing siang itu disambut Operational Manager (OM) Foodture Bistro Arfi Hadiasmono dan Head of Barista Christian, di lobi Foodture Bistro Lantai 1.

Sesuai run down yang disusun pihak Foodture Bistro, sebelum mahasiswa Akpar Majapahit praktik meracik kopi (Barista Practices),.mereka lebih dulu dikenalkan pengetahuan umum seputar Dunia Perkopian di Surabaya. Oleh Head of Barista Christian mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit tersebut dikenalkan jenis kopi, peralatan meracik kopi dan pendukungnya. Mahasiswa juga diajarkan teknik meracik kopi (Barista), meracik kopi murni dengan teknik Espresso Press, Grinder dan Aero Press

Untuk memadukan teknik Espresso, Grinder dan Aero Press, Christian menggunakan mesin coffee maker merek Simonelli buatan Italia. Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajarkan cara membuat Latte Art dengan motif Rosella, Heart (Love), Tulips dan Angsa (Swan).

Sebelum meracik kopi dengan mesin coffee maker, mahasiswa pun dikenalkan sejumlah peralatan utama meracik kopi lengkap dengan bahan-bahannya. Di Foodture Bistro juga tersaji beberapa contoh biji kopi dalam wadah kaca. Koleksi biji kopi (coffee bean) yang sudah matang itu antara lain kopi Papua Wamena, Robusta Lampung, Java Ijen, Dampit Malang, Bali Kintamani dan kopi Aceh Gayo.

”Sejumlah peralatan meracik kopi seperti Espresso Press, Grinder hingga Aero Press sudah kami siapkan sebelum Anda datang di sini. Peralatan modern untuk meracik kopi ini juga biasa Anda dijumpai hotel berbintang, café-café & resto terkemuka di Surabaya,” kata Christian di dampingi Operational Manager Foodture Bistro Arfi Hadiasmono. 

Di café-café modern, peralatan seperti grander coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), coffee maker (mesin pembuat kopi), teko, thermometer cairan merupakan keniscayaan. Peralatan modern seperti itu juga tersedia di Foodture Bistro.

Dengan coffee maker tersebut, mahasiswa juga dipersilakan mempraktikkan secara langsung teknik membuat Espresso, Capuccino dan Latte Art sesuai arahan instruktur, tapi bahannya bukan bubuk kopi melainkan bubuk cokelat  dan fresh milk.

Sementara itu, Dosen Pengajar Leadership Akpar Majapahit R Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, praktik Barista yang dilakoni anak didinya itu untuk mengaplikasikan mata kuliah leadership dan teknik supervisi yang diajarkan di kelas.

”Kami ingin mind set mahasiswa berubah siring dengan semakin seringnya mereka mengikuti acara kunjungan industri di hotel--hotel berbintang maupun café & resto. Dari situ kami berharap mahasiswa mulai menata kariernya sejak dini dan ketika mereka lulus kuliah tidak bingung cari jobs,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar