twitter

Pages

Senin, 17 Februari 2020

Melihat Kehebohan Tuna Education Bersama SunBell dari PT Aneka Tuna Indonesia


 Mahasiswa Pastry Class Tristar Group Ramaikan Demo Masak Nasgor Tuna dan Pasta Tuna Macaroni Bersama Chef Handa


SEBANYAK 40-an orang mahasiswa Pastry Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi dan Tristar Institute Kaliwaron (Tristar Group) yang diasuh Chef Ita Suhervin, Chef Renny Savitri dan Chef Kristian Faskahariyanto, antusias menghadiri acara demo masak Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni Sesi Pagi bersama Chef Handa Yuleistin dari PT Aneka Tuna Indonesia (ATI). Cooking demo itu dihelat di Kitchen Pastry 1 (P1), Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (17/02/2020) pagi.

 
Gelaran demo masak sesi pagi tersebut merupakan rangkaian acara dari Tuna Education 2020 yang digelar di sekolah-sekolah dan kampus yang digalakkan PT Aneka Tuna Indonesia. Perusahaan pengalengan tuna itu kembali mengajak pelajar maupun mahasiswa gemar makan ikan, seperti yang digalakkan Pemerintah. Gelaran program tahunan kali ini merupakan penyelenggaraan tahun keempat.

Dalam demo masak di hadapan mahasiswa Tristar Group, Chef Handa Yuleistin mengenalkan produk unggulannya, yakni Sun Bell yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kreasi masakan Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni. Gelaran demo masak itu juga di-support oleh MEG Cheddar (Keju Cheddar Olahan).

Ketika masak Nasi Goreng Tuna, Chef Handa memanfaatkan Sun Bell (ikan tuna dengan saus rica-rica) dengan berat bersih 185 gram sebagai pengganti daging ayam, sedangkan saat membuat Pasta Tuna Macaroni, Chef Handa menggunakan Sun Bell Gold dengan berat bersih 200 gr sebagai substitusinya daging sapi.

Kehebohan demo masak Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni pada sesi pertama ini terjadfi setelah Didit A. Setyawan dan Chef Kristian Faskahariyanto membagi 40 mahasiswa Tristar Group dalam tiga kelompok besar guna meramaikan cooking battle.

Dalam cooking battle itu, mahasiswa selain ditantang buat dua kreasi masakan berbasis ikan tuna yang enak rasanya, masakan yang disajikan mahasiswa, tampilannya juga harus cantik dan menarik dengan tekstur yang empuk. Dengan demikian ada enam kreasi plating-an yang nantinya tersaji di atas meja uji.

“Enam kreasi plating-an mahasiswa Pastry Class Tistar Group ini dinilai oleh tiga juri dari aspek tampilan dan kreativitasnya, tekstur dan cita rasanya. Tiga kriteria itu biasa diaplkasikan di industri perhotelan,:” terang Chef Kristian.

Sebelum demo masak Nasi Goreng Tuna dan Pasta Tuna Macaroni, mahasiswa Tristar Group lebih dulu dikenalkan oleh Local Sales Department PT Aneka Tuna Indonesia (ATI) Didit A. Setyawan tentang keberadaan perusahaan pengalengan tuna yang berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) tersebut.

Di Indonesia, PT ATI memiliki dua pabrik pengalengan tuna yang beroperasi di Gempol Jl Raya Surabaya-Malang KM 38 dan Pandaan Jl. Gunung Gangsir, Kabupaten Pasuruan. Perusahaan pengalengan tuna dengan merek dagang Sun Bell (The Real Taste of Tuna) ini kali pertama beroperasi pada 1992 silam.

Ikan-ikan tuna yang diproses modern di pabrik pengalengan tuna milik PT ATI sebagian bear disuplai oleh nelayan dan pedagang ikan dari pesisir Banyuwangi, Jember, Malang Selatan (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Didit, Sun Bell diproses dengan teknologi Jepang, sehingga menghasilkan cita rasa ikan tuna yang sebenarnya, sehat dan bergizi tinggi. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna terdiri dari protein (25 gram protein per 100 gram tuna) yang setara dengan seekor ayam.

”Selain kandungan proteinnya cukup tinggi, ikan tuna juga mengandung energi (106-184 Kkal energi per 100 gram tuna), mineral dan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Pasalnya, ikan tuna merupakan makanan rendah kolesterol yang banyak mengandung asam lemak omega 3,” katanya.

 
Produk PT Aneka Tuna Indonesia, selain diekspor ke mancanegara khususnya untuk memenuhi kebutuhan pasar Jepang, juga dipasarkan di kota-kota besar di seluruh wilayah Indonesia. Masih menurut Didit, pengenalan PT Aneka Tuna Indonesia (ATI)  lewat demo masak ke sekolah-sekolah dan kampus seperti ini merupakan bagian dari Tuna Education 2020 yang digalakkan oleh pihak manajemen.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Tristar Group dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar