twitter

Pages

Kamis, 13 Februari 2020

Asyiknya Mahasiswa Culinary Praktik Masak Indonesian Food Bersama Chef Nadya Ratri


Lezatnya Ayam Taliwang, Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung Persembahan Mahasiswa Culinary Class


UNTUK kali kesekian, Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A, kembali berbagi ilmu seputar cara masak tiga menu Indonesian Food yakni Ayam Taliwang, Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung, bersama 16-an mahasiswa Culinary 2 (C2) Kelas Pagi, di Kitchen Modern Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (12/02/2020) pagi.

Sebelum praktik masak di Kitchen Graha Tristar, Chef Nadya, lebih dulu menerangkan sejumlah bahan yang dibutuhkan untuk masak Ayam Taliwang, yakni ayam utuh yang sudah dibersihkan bulu halus dan isinya, butterfly dan jeruk limau.

Selanjutnya, membuat bumbu berbentuk paste, bahannya terdiri dari shallot, garlic, red chili, hot chili, aromatic ginger, shrimp cake, tomato, palm sugar, salt dan water. Bumbu  dihaluskan sampai menyerupai pasta, lalu di-saute hingga keluar aromanya yang harum.

Selama proses sauté bisa ditambahkan seasoning, palm sugar dan water sebanyak 300-460 ml, kemudian di-simmering dan dikasih perasan jeruk limau secukupnya. Jika ingin dapat sensasi rasa daging ayam yang harum dan gurih, maka ada treatment lebih lanjut. Maka Ayam Taliwang yang sudah dibumbui tersebut kemudian di-grilled  sekitar 5-10 menitan.

”Proses nge-grilled Ayam Taliwang selama 10 menitan itu selain memberi aroma harum dan tekstur daging yang empuk, juga menghasilkan sensasi dalam hal rasanya karena bumbu masakan khas dari Nusa Tenggara Barat (NTB) itu betul-betul meresap sempurna,” terang Dosen cantik dengan hijab di kepala tersebut.

Di samping masak Ayam Taliwang yang lezat, mahasiswa juga diajarkan teknik masak Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung di Kichen Modern Graha Tristar. Saat masakan Ayam Betutu, mahasiswa diminta menyiapkan bahan mulai satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bulu halus dan isinya, young cassava leaf, salam leaf, kaffir leaf, lemongrass dan banana leaf untuk pembungkusnya.

Sementara itu untuk membuat bumbu paste-nya sendiri, butuh bahan seperti oil, shallot, garlic, coriander, candlenut, ginger, turmeric, red chili dan hot chili. Khusus bahan untuk seasoning-nya memanfaatkan turmeric, red chili, hot chili yang sudah dihaluskan kemudian di-mix dengan young cassava leaf.

Daun  singkong muda kemudian dimasukkan ke dalam perut ayam bersama sebagian seasoning-nya, sedangkan seasoning yang separonya lagi dilaburkan ke seluruh bagian tubuh ayam utuh tersebut sampai rata bersama bumbu paste-nya yang sudah di-saute lebih dulu sebagai flavour-nya.

Olahan Ayam Betutu yang sudah dibumbui itu kemudian dibungkus daun pisang dan selanjutnya di-steam selama 45 menit, lalu di-bake pada suhu 180 *C selama 20 menitan. Tahapan pekerjaan ini membuat proses masak Ayam Betutu ini sedikit ribet dan waktunya lebih lama.

Pekerjaan terakhir adalah membuat Pelecing Kangkung. Bahan untuk masak Pelecing Kangkung antara lain fresh water spinach (ambil daun dan sedikit tangkai daunnya) lalu bersihkan sebelum dikukus beberapa saat sampai matang.

Selanjutnya membuat Chili Paste (Sambal), yang bahannya meliputi  shallot, garlic, red chili, hot chili, curly red chili, tomato, shrimp bake dan oil. Untuk mempercantik tampilan Chili Paste, maka di atasnya Anda taburi dengan biji kacang tanah (peanut) yang telah digoreng dan irisan jeruk limau.

Untuk tampil beda, maka penyajian Ayam Taliwang, Ayam Betutu dan Pelecing Kangkung tidak di-plating dalam satu piring, melainkan ditampilkan terpisah. Penyajian khas seperti ini bisa Anda temui di warung-warung lesehan dan rumah makan di daerah Bali dan Lombok (NTB).

Sebagai warisan budaya kuliner Nusantara, lanjut Chef Nadya, tiga menu masakan tersebut memang cukup populer di Bali dan NTB, baik di mata warga lokal maupun wisatawan domestik maupun mancanegara. ”Oleh karena itu, masakan khas dari daerah Bali dan NTB ini juga diapresiasi oleh pihak akademik dan diajarkan kepada mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit. Resep tiga menu masakan tersebut tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang dipegang mahasiswa,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar