twitter

Pages

Rabu, 05 Februari 2020

Keseruan Mahasiswa Culinary Class Sukseskan Demo Masak Indonesian Food


Chef Ari Purwantoro Demo Masak Pepes Ikan Kakap dengan Sambal Bawang dan Nasi Putih Kitchen Graha Tristar


DOSEN Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro giliran menggelar demo masak Indonesian Food bertajuk Pepes Ikan Kakap dengan Sambal Bawang dan Nasi Putih yang lezat, di Kitchen Culinary Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (03/02/2020) siang. Demo masak itu sendiri dihadiri sekitar 12-an mahasiswa Culinary (C1) Kelas Siang.

Sebelum menghelat cooking demo di hadapan anak didiknya siang itu, Chef Ari, lebih dulu menjelaskan bahan yang dibutuhkan untuk masak Pepes Ikan Kakap, yakni ikan kakap utuh (dibagi tiga bagian), parutan kelapa muda, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, lengkuas (laos), gula, garam, sereh (lemongrass), daun kemangi, jahe, daun bawang (spring onion leaf) dan tomat buah,

Sedangkan daun pisang dipakai untuk pembungkus dan tusuk gigi untuk mengunci daun pisang agar isinya tidak sampai merembes keluar dan memudahkan proses pengukusan Pepes Ikan Kakap itu sendiri.

Sementara itu untuk mempercepat pekerjaan di dapur, Chef Ari membagi tugas mahasiswa dalam tiga kelompok kerja. Kelompok 1 diminta membersihkan tiga ekor ikan kakap termasuk membuang isi perutnya. Setelah ikan dibersihkan kemudian dibagi dua atau tiga bagian untuk setiap ekornya. Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan bahan untuk membuat Sambal Bawang dan menanak Nasi Putih.

Sedangkan Kelompok 2, oleh Chef Ari diberi jobs menyiapkan bumbu Pepes Ikan Kakap berupa parutan kelapa muda, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, lengkuas (laos), gula, garam, sereh (lemongrass), daun kemangi, jahe, daun bawang (spring onion leaf) dan tomat buah.

Giliran selanjutnya anggota Kelompok 3 yang meng-handle proses pembungkusan bumbu Pepes berikut Ikan Kakap-nya ke dalam daun pisang dan menguncinya dengan dua tusuk gigi di kedua ujungnya. Pepes Ikan Kakap yang sudah siap itu kemudian di-steam sekitar 30 menit, selajutnya salah satu masakan khas Indonesia tersebut di-plating di atas piring bersama Nasi Putih dan Sambal Bawang, lalu sajikan hangat di atas meja.

Selama proses cooking demo tersebut, Chef Ari Purwantoro turun tangan langsung dengan melibatkan tiga kelompok mahasiswa Culinary (C1) Kelas Siang di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya. Tidak sampai 1,5 jam, Pepes Ikan Kakap dengan Sambal Bawang dan Nasi Putih yang lezat sudah terhidang di meja uji dan dinikmati bersama mahasiswa yang hadir siang itu.

”Materi praktik mahasiswa Culinary Class pekan ini, masih berlanjut untuk membuat masakan Indonesian Food, yang punya ciri khas sesuai daerah asalnya masing-masing, Karakteristik masakan Indonesia yang unik ini, menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa saat bekerja di dapur,” tandas Chef Ari di ruang kerjanya, kemarin.

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar