twitter

Pages

Selasa, 11 Februari 2020

Asyiknya Melihat Mahasiswa Culinary Class Belajar Masak Indonesian Food


Chef Nadya Ratri Gelar Cooking Demo Mangut Lele di Kitchen Graha Tristar, Tampilkan Dua Kreasi Plating Mahasiswa


CHEF Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit menghelat demo masak Mangut Lele, salah satu masakan khas dari daerah Jogjakarta, di Kitchen Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (10/02/2020) siang. Mangut Lele itu disajikan dalam dua kreasi plating persembahan dari dua kelompok mahasiswa.

Demo masak itu dihadiri 17-an mahasiswa Culinary (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang. Resep masakan tradisional Indonesia ini dikreasi sendiri oleh Chef Nadya karena resep Mangut Lele memang tidak tersaji di Buku Ajar (Silabus) yang dipegang mahasiswa Culinary Class.

Kepopuleran Mangut Lele memang tidak setenar Gudeg Jogja, namun eksistensi masakan yang satu ini masih diapresiasi oleh sebagian masyarakat yang suka berwisata kuliner di daerah Jogja dan sekitarnya. Kuah bumbu Mangut Lele yang berwarna khas pranye benar-benar meresap ke dalam daging lele yang gurih rasanya.


Untuk mempercepat pekerjaan di dapur, Chef Nadya pun mengajak mahasiswa (dibagi dalam dua kelompok) untuk tampil all out saat masak Mangut Lele di Kitchen Modern Graha Tristar, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing. Tak pelak lagi jika suasana di dapur siang itu pun menjadi semakin heboh dan seru banget!


Dalam demo masak kali ini, masing-masing kelompok yang beranggotakan 8-9 orang, selain dilibatkan dalam masak Mangut Lele, juga diminta untuk masak Nasi Putih. Durasi cooking demo itu sendiri sekitar 1,5 jam sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya.


Hasil plating-an mahasiswa kemudian disajikan di meja uji untuk selanjutnya dinilai oleh Chef Nadya dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan cata rasanya. Tiga kriteria penilaian itu tetap mengacu pada standar industri perhotelan.

Untuk membuat Mangut Lele, bahan yang disiapkan antara lain ikan lele (yang sudah dibersihkan), shallot, garlic, turmeric, hot chili, candlenut, Javanese sugar (brown sugar), kaffir leaf, coco milk, coriander, ginger, galangal, salam leaf, lemongrass, green chili dan taoge ale (juga sudah dibersihkan).


Untuk masak Mangut Lele yang lezat, sedikitnya ada tiga tahapan pekerjaan yang dilalui. Pekerjaan pertama menyiapkan ikan lele yang sudah dibersihkan lalu ditaburi garam sebelum lele tersebut digoreng sampai matang.

Pekerjaan  berikutnya adalah membuat bumbu (spices)-nya. Bahan yang dibutuhkan untuk bumbunya sendiri meliputi shallot, garlic, turmeric, hot chili, candlenut, Javanese sugar (brown sugar), kaffir leaf, coriander, ginger, galangal, salam leaf, lemongrass, green chili dan taoge ale

Untuk menghasilkan aroma wangi, bumbu Mangut Lele ditumis terlebih dulu, baru coco milk dan ikan lelenya dimasukkan untuk dimasak jadi satu dan dibiarkan beberapa lama hingga volume santan menyusut tinggal 25 persen saja. Disela-sela menunggu Mangut Lele itu masak sempurna, setiap kelompok tampak rajin nge-taste agar masakannya tidak sampai keasinan. Jika masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam dan sebagainya.

Tahapan pekerjaan terakhir adalah mem-plating Mangut Lele agar tampilannya cantik dan menarik, sebelum hasil masakan tersebut dinilai dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Dan menurut penilaian Chef Nadya Ratri Aryani, masakan anak didiknya itu –baik Kelompok 1 maupun Kelompok 2-- memang layak diapresiasi. Good jobs Bro…!

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar