twitter

Pages

Kamis, 27 Februari 2020

Kehebohan Mahasiswa Culinary Praktik Masak Oriental Food Bersama Chef Ari Purwantoro

 Mahasiswa Persembahkan Variant of Dumpling Hakau, Guo Tie, Shao May, Stuffed Shitake with Egg Sauce, Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam


PADA hari Rabu (26/02/2020) siang, 13-an mahasiswa Culinary 1 (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang yang dibimbing Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, praktik masak enam menu Oriental Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Enam kreasi makanan Oriental itu adalah Variant of Dumpling Hakau, Guo Tie, Shao May, Stuffed Shitake with Egg Sauce, Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam.

   
Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, 13 mahasiswa Culinary Class itu dibagi enam kelompok masing-masing beranggotakan 2-3 orang. Setiap kelompok kebagian tugas masak satu menu masakan Oriental Food.



Kelompok 1, misalnya, kebagian job untuk masak Variant of Dumpling Hakau, Kelompok 2 diminta masak Guo Tie, sedangkan Kelompok 3 dan Kelompok 4 masing-masing ditugasi Chef Ari membuat Shao May dan Stuffed Shitake with Egg Sauce.

Sementara itu anggota Kelompok 5 dan Kelompok 6 masing-masing dilibatkan oleh Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit untuk memasak Lumpia Kulit Tahu dan Kaki Ayam di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

Untuk masak Variant of Dumpling Hakau, misalnya, Kelompok 1 diminta menyiapkan bahan masakan mulai prawn, water chestnut, salt, vetsin, sugar, pepper, sesame oil, lard, baking soda dan air qie. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat Hakau skin yang bahannya terdiri dari tangmiyen flour, tapioka, ginger powder dan hot water.

Kelompok 2 yang kebagian job masak Guo Tie juga tampil antusias saat menyiapkan bahan masakannya, yang terdiri dari chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, sesame oil, cabbage, ginger dan pepper. Untuk membuat skin-nya sendiri bahannya adalah tangmiyen flour, tapioka dan hot water.


Giliran yang tampil selanjutnya adalah anggota Kelompok 3. Mereka tampil all out ketika praktik masak Shao May. Untuk masak Shao May bahan yang dibutuhkan antara lain chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, tapioca flour, sesame oil, cabagge, ginger, pepper dan wonton skin.

Sedangkan Kelompok 4 yang ditugasi membuat Stuffed Shitake with Egg Sauce, juga sudah prepare di kitchen dengan menyiapkan bahan masakan mulai chicken, shrimp, carrot, spring onion, light soy sauce, oyster sauce, salt, Chinese wine, sesame oil dan dried shitake (direndam air kemudian di-boiling).

”Selain itu, mereka juga kami minta membuat Egg Sauce-nya, yang bahannya terdiri dari egg white, oyster sauce, Chinese wine, sesame oil, water, spring onion, maizena dan seasoning,” terang Chef Ari kepada anak didiknya.

Menu masakan berikutnya adalah Lumpia Kulit Tahu. Mahasiswa anggota Kelompok 5 yang ditugaskan membuat Lumpia Kulit Tahu, juga sudah prepare dengan menyediakan bahan masakannya yang terdiri atas chicken breast, shitake mushroom, chicken fat, shrimp, oyster sauce, mushroom soy, sesame oil, ngo hyong, spring onion, carrot, garlic oil, tapioca flour dan beancurd skin.

Sementara itu anggota Kelompok 6 juga tampil solid demi menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Kaki Ayam, yang meliputi chicken feet, star anise, Chinese wine, garlic oil dan seasoning. Sedangkan untuk membuat sauce-nya sendiri  bahannya adalah oyster sauce, hoisin sauce, soy sauce, mushroom soy, sesame oil, sugar, chicken broth, red colour dan yellow colour.

 
”Untuk masak enam kreasi masakan Oriental Food itu durasinya tidak lebih dari 1,5 jam, semua masakan sudah bisa di-plating dan di-garnish agar tampilannya cantik dan menarik, sebelum enam menu makanan tersebut disajikan di atas meja uji,” tandas Chef Ari Purwantoro, di ruang kerjanya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar