twitter

Pages

Selasa, 26 November 2019

Kehebohan Mahasiswa saat Mid Final Exam Hari Kedua Sesi Pagi di Kitchen Tristar Samator


15 Mahasiswa Baru Culinary Art Kelas B Mendapat Tantangan untuk Siapkan Satu Set Menu Lunch Buffet


JIKA mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Triwulan III Kelas A dan C pada mid final exam, Rabu (20/11/2019), pekan lalu, ditantang membuat dua menu masakan, namun  mahasiswa baru Culinary Art Kelas B dan D diuji membuat kreasi satu set menu lengkap Lunch Buffet oleh Dosen Penguji. Ujian praktik masak mahasiswa baru itu sendiri digelar pada Jumat (22/11/2019) pagi.

Pada mid final exam sesi pagi itu, 15 mahasiswa baru Culinary Art yang diasuh Chef Yenata Candra sudah prepare di kitchen Tristar Samator. Mereka pun tampil all out ketika menyiapkan dua kreasi menu appetizer, membuat satu kreasi menu soup, memasak tiga kreasi menu main course dan bikin satu kreasi menu dessert sesuai tugasnya masing-masing.
 
Lunch buffet yang disiapkan mahasiswa baru Culinary Art itu setidaknya ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya atau biasa disebut menu empat sehat lima sempurna,” kata Chef Yenata Candra, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Daniela Yusak dan Cynthia Widiati Halim kebagian tugas menyiapkan Sesame Shrimp Toast (appetizer). Sedangkan Deby Setiyawan, Ghozi Hafidh Shidqi dan Novan Adam membuat Dim Sum Ceker Ayam (appetizer). Sementara itu, Maria Ivana dan Sherly  yang kebagian membuat Asparagus Soup with Corn & Crab Meat (soup).

Untuk menu utama (main course)-nya sendiri disiapkan tiga kreasi menu.  Menu yang pertama, Hainan Chicken Rice (disiapkan Natasha dan Wulan Cahya RPK), sedangkan Bella Dewinta dan Rista Anginova memasak Sapo Tahu with Baby Kailan dan Christine Alexandra T. dan Virginia Shafitri menyiapkan Buddha’s Delight (main course vegetable).

Untuk dessert-nya sendiri, yakni Almond Pudding with Cocktail disiapkan Selly Martcelia dan Chaerafika Safanah di Kitchen Culinary Art, yang bertempat di Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

Selama menyiapkan satu set menu Lunch Buffet tersebut, mereka durasinya dibatasi tidak lebih satu 1,5 jam, mulai persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut sebelum dihidangkan di meja uji untuk dinilai tim juri.

”Selain itu, pihak Akademik juga memberi kami uang subsidi @ Rp 75 ribu per orang untuk belanja bahan-bahan masakan membuat satu set menu lunch buffet tersebut,” ujar Christine Alexandra T., di Kitchen Culinary Art Tristar Samator.

Hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang dosen. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Yenata, sapaan akrabnya.

Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Sementara itu, tiga juri yang dihadirkan pada mid final exam hari terakhir, Jumat (22/11/2019), sesi pagi adalah Chef Agung Kurnia, Chef Yanur Kadaryanto dan Chef Yenata Candra.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar