twitter

Pages

Senin, 04 November 2019

Serunya Belajar Food Technology Applications Bersama Chef Rachma Nur Devianti


Mahasiswa Pastry Class Praktik Buat Minuman Rasa Buah Mangga di Kitchen Graha Tristar Surabaya


SELAMA tiga kali pertemuan, sekitar 20-an mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang, dibekali cara membuat aneka kreasi produk olahan di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti S.TP., M.MPar.
 
Pada tatap muka pekan pertama, Senin (04/11/2019) siang, mahasiswa Pastry (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang diajarkan cara membuat Minuman Rasa Buah Mangga oleh Chef Rachma, sapaan akrab Rachma Nur Devianti.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Minuman Rasa Buah Mangga antara lain sugar (120 gram), water (1000 ml), citric acid, pewarna egg yellow dan merah, essence buah mangga, clodificator dan botol plastik berkapasitas 200-250 ml.

Clodificator sendiri merupakan bahan pengeruh sehingga tampilan minuman rasa buah tersebut terkesan seperti sari buah murni. Bahan tersebut dimasukkan dalam panci, kemudian dimasak sekitar 30 menitan. Kotoran yang muncul saat minuman rasa buah itu dimasak kemudian disaring dan dibuang.

Untuk memberi rasa segar dan warna khas buah mangga, 1000 ml minuman yang dimasak itu ditambahkan 1gram citric acid dan 1-2 cc essence buah mangga . Sesudah minuman rasa buah itu masak kemudian didinginkan sebentar, baru dimasukkan dalam botol yang sudah diberi etiket. Untuk hasil yang optimal, Minuman Rasa Buah Mangga itu sebaiknya didinginkan dalam lemari es (refrigerator) pada suhu sekitar 15*C.

”Dengan membekali pengetahuan seputar Food Technology Application sejak dini maka mahasiswa bisa mengerti alur proses memasak, sejak bahan mentah, diolah menjadi produk setengah jadi hingga dimasak lebih lanjut di kitchen, sebelum makanan atau minuman itu disajikan di meja,” kata Chef Rachma, di ruang kerjanya.

Selain dibekali cara membuat Minuman Rasa Buah Mangga, mahasiswa Pastry Class juga diajarkan cara membuat Keripik Pisang dan Aneka Kreasi Saos. Praktik membuat Keripik Pisang itu dilakoni mahasiswa Pastry Class pada pertemuan pekan kedua, Senin (11/11/2019) siang.

Selanjutnya, pada tatap muka ketiga, Senin (18/11/2019) mendatang, Chef Rachma Nur Devianti akan kembali membekali anak didiknya teknik membuat Aneka Kreasi Saos berikut aplikasinya. Praktik Aneka Kreasi Saos tersebut akan dihelat di Kitchen Pastry 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar