twitter

Pages

Senin, 11 November 2019

Dari Keseruan Praktik Masak Olahan Poultry II Bersama Chef Yenata Candra


Mahasiswa Baru Culinary Art Tristar Samator Persembahkan Ayam Goreng Pemuda dan Burung Dara Goreng


PADA pertemuan Jumat (08/11/2019), mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi (B Class), praktik masak dua menu olahan unggas (Poultry II) –Indonesian Food—yakni Ayam Goreng Pemuda dan Burung Dara Goreng bersama  Dosen Pengajar Culinary Art Chef Yenata Candra, di Kitchen Culinary Tristar Samator Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

Pada tatap muka siang itu, giliran Chef Yenata Candra berbagi ilmu cara masak  Ayam Goreng Pemuda dan Burung Dara Goreng. 15-an mahasiswa baru Culinary Art Trestelle Accademia Culinaria Kelas Pagi yang hadir, ada yang kebagian tugas masak Ayam Goreng Pemuda, sedangkan sisanya ditugasi masak Burung Dara Goreng secara individual.

Mahasiswa Culinary Art yang mengikuti praktik pagi itu antusias menyiapkan bahan untuk membuat Ayam Goreng Pemuda meliputi meliputi Chicken (Pejantan), Pepper, Candlenut, Garlic, Tamarind, Coconut Water, Salt, MSG dan Turmeric. Pekerjaan pertama, Pepper, Candlenut, Garlic dan Tamarind dihaluskan, kemudian bumbu yang sudah dihaluskan itu di-sautee.

Bumbu yang sudah di-sautee ditambahkan Coconut Water, Salt, MSG dan Turmeric kemudian di-simmering selama 60 menitan bersama daging ayam pejantan yang sudah dipotong dan dibersihkan hingga bumbunya meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Ambil daging ayam yang telah di-simmering untuk digoreng di atas penggorengan dengan minyak mendidih (dibolak balik daging) sebentar selama 60 detik, kemudian Ayam Goreng Pemuda diangkat dan ditiriskan sebentar. Ayam goreng itu pun sudah bisa di-plating dengan saus bumbu agar tampilnya cantik, sebelum disajikan di atas meja kerja.

Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk masak Burung Dara Goreng meliputi Baby Pigeon (Burung Dara utuh), Water, Salt, Superior Soy Sauce, Star Anise, Ngohiong, Lime, Bebeko, Shrimp Cracker, Red Food Coloring dan Vinegar.

Metode untuk masak Burung Dara Goreng, adalah menyiapkan Burung Dara utuh dimasuk ke dalam panci berisi air untuk di-simmering sampai mendidih bersama bumbunya mulai Salt, Superior Soy Sauce, Star Anisem Ngohiong, Lime, Bebeko, Shrimp Cracker, Red Food Coloring dan Vinegar selama 60 menitan sampai dagingnya benar-benar empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Burung Dara matang yang sudah dibumbui tersebut selanjutnya diangkat dan ditiriskan sebentar di atas loyang, sebelum digoreng selama beberapa menit. Setelah matang, Burung Dara itu lalu diangkat dan ditiriskan minyaknya sebelum di-plating di atas piring.

Untuk mem-plating agar tampilannya cantik, potong burung yang sudah dimasak itu jadi dua bagian (kepala dipisah dengan dadanya). Potongan Burung Dara itu ditata ulang layaknya burung utuh (lengkap dengan kepalanya) di atas piring, sebelum dihidangkan di atas meja kerja bersama kerupuk, salt & pepper dan irisan jeruk nipis.

Di hotel berbintang atau restoran ternama, penyajian Burung Dara Goreng (dua ekor) seperti yang disiapkan mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator dibandrol sekitar Rp 200.000-an termasuk service tax 21 persen. Sedangkan harga satu porsi Ayam Goreng Pemuda sekitar Rp 75.000-an.

Dalam arahannya kepada mahasiswa baru Culinary Art Kelas Pagi, Chef Yanuar kembali menekankan bahwa teknik pengolahan daging unggas (Poultry II) berikut resep masakannya –Indonesian Food-- sudah tersaji lengkap di Buku Ajar (Silabus). Dengan demikian, mahasiswa tinggal memperhatikan step by step teknik masaknya saat kerja di kitchen.

Oleh karena itu, selama praktik masak Jumat (08/11/2019), akhir pekan lalu, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator ini juga tiada pernah bosan untuk mengingatkan kembali bagaimana membuat plating-an yang cantik, menarik dan elegan tampilannya di hadapan anak didiknya.

”Saya selalu menekankan pentingnya teknik mem-plating masakan yang baik dan benar agar tampilannya cantik dan elegan. Anda jangan pernah ragu untuk berkreasi saat mem-plating hasil masakan itu dengan kombinasi warna yang menarik sebelum makanan tersebut dihidangkan di meja,” tandas Chef Yenata Candra kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar