twitter

Pages

Selasa, 26 November 2019

Serunya Acara Mid Final Exam Hari Kedua Sesi Siang di Kitchen Trestelle Accademia Culinaria


Tim Juri Apresiasi Satu Set Menu Lunch Buffet Kreasi dari 16 Mahasiswa Baru Culinary Art Kelas D Tristar Samator


TIM JURI yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Yenata Candra dan Chef Thomas Denny mengapresiasi satu set menu Lunch Buffet yang dipersembahkan 16 mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas D, pada mid final exam yang dihelat di Kitchen Trestelle Accademia Culinaria Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Jumat (22/11/2019) siang.

Apresiasi dari juri itu diberikan setelah hasil kreasi masakan mahasiswa baru Culinary Art Kelas D dinilai oleh tim tiga orang Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa,” kata Chef Thomas, sapaan akrab Master Chef of Hibachi Teppanyaki tersebut.

Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Sementara itu, tiga juri yang dihadirkan pada mid final exam hari terakhir, Jumat (22/11/2019), sesi siang.

Secara garis besar, menurut Chef Thomas, tampilan satu set menu Lunch Buffet yang dipersembahkan mahasiswa baru Culinary Art Tristar Samator Kelas D, rata-rata sudah cukup menarik saat disajikan di meja uji. Namun ada juga beberapa catatan yang perlu digarisbawahi agar pada ujian berikutnya terutama dari segi tekstur dan cita rasa masakannya bisa lebih baik lagi.

Untuk mem-plating masakan agar tampilannya cantik dan menarik, pemilihan wadah, komposisi warna makanan dengan garnish-nya punya peranan penting supaya makanan itu saat dihidangkan di atas meja tampak cantik, menarik dan berkelas (elegan).

Selain itu, teknik masak juga mesti diperhatikan mahasiswa baru Culinary Art Kelas D yang maju ujian pada sesi siangnya. Saat masak, sebaiknya Anda rajin nge-taste masakan tersebut apakah masih hambar atau kurang asin, sebelum masakan itu dihidangkan

Pada mid final exam sesi siang itu, 16 mahasiswa baru Culinary Art yang diasuh Chef Thomas Denny sudah prepare di kitchen Tristar Samator. Mereka pun tampil all out ketika menyiapkan dua kreasi menu appetizer, membuat satu kreasi menu soup, memasak tiga kreasi menu main course dan bikin satu kreasi menu dessert sesuai tugasnya masing-masing.
Lunch buffet yang disiapkan mahasiswa baru Culinary Art itu setidaknya ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya,” kata Chef Thomas Denny, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya.

Leonardo Anatta Huang dan Johanna Oktavian kebagian tugas menyiapkan Bola-Bola Udang Roti (appetizer). Sedangkan Rista Amalia dan Richard Rusli membuat Spring Roll Vegetable (appetizer). Sementara itu, Raja Wijaya K.P. dan  Arkandika D.F., yang kebagian membuat Asparagus Soup with Corn & Chicken Meat (soup).

Untuk menu utama (main course)-nya sendiri disiapkan tiga kreasi menu.  Menu yang pertama, Honey Chicken with Almond (disiapkan Yasinta Indah Sari dan Leonardo Dimas), sedangkan Erika V.A. dan Frendy I.T., memasak Sapo Tahu with Baby Kailan dan Maria Dhita dan Nocky Ananta Permana menyiapkan Garlic & Ginger Shrimp  Stir Fry (main course).

Untuk dessert-nya sendiri, yakni Mango Pudding disiapkan Jason Hoanto dan Nikolaus Gabriel S., di Kitchen Culinary Art, yang bertempat di Sky Suites-SOHO Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

Selama menyiapkan satu set menu Lunch Buffet tersebut, mereka durasinya dibatasi tidak lebih satu 1,5 jam, mulai persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut sebelum dihidangkan di meja uji untuk dinilai tim juri.

”Selain itu, pihak Akademik juga memberi kami uang subsidi @ Rp 75 ribu per orang untuk belanja bahan-bahan masakan membuat satu set menu lunch buffet tersebut,” ujar Yasinta Indah Sari di Kitchen Culinary Art Tristar Samator.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar