twitter

Pages

Sabtu, 09 November 2019

Dari Keseruan Praktik Masak American Cuisines Bersama Chef Ari Purwantoro


Mahasiswa Culinary Kelas Siang Persembahkan Crispy Fried Chicken dan Grilled Tuna with Hawaiian Salsa

MAHASISWA Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang, mempersembahkan Crispy Fried Chicken & Grilled Tuna with Hawaiian Salsa, saat praktik masak American Cuisines bersama Dosen Pengajar Culinary Class Chef Ari Purwantoro, di Kitchen Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (06/11/2019) siang. Praktik siang itu merupakan pertemuan hari kesembilan belajar masak American Cuisines.


Menurut Chef Ari, untuk masak Crispy Fried Chicken, bahan yang dibutuhkan meliputi salt, flour, pepper, paprika, garlic powder, dry mustard, baking powder, baking soda, thyme, oregano, ground ginger, chicken dan water.

Sedangkan bahan untuk membuat Grilled Tuna wirh Hawaiian Salsa sendiri terdiri atas salad oil, lemon juice, tuna, thyme, pineapple, onion, red bell pepper, pickled dan orange juice. Bahan masakan tersebut bisa di-request mahasiswa di Toko 8 (Store) Lantai 1 Graha Tristar.

Masih menurut Chef Ari, pembelajaran seputar pengolahan makanan Amerika itu menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya.

Selain diajarkan teknik masak Crispy Fried Chicken dan Grilled Tuna with Hawaiian Salsa, mahasiswa Culinary Class juga telah dibekali beberapa menu spesial American Cuisines di Kitchen Culinary (C1), Lantai 3 Graha Tristar.

”Kami juga mengenalkan berbagai macam makanan yang berasal dari Amerika dan sekitarnya seperti BBQ Beef Ribs, American Pizza, Beef Potato Soup, Beef Stew, American Burger, Hot Dog dan yang lain seperti yang ada di Buku Ajar (Silabus),” tandas Chef Ari Purwantoro kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (06/11/219) siang, pekan lalu.

Sesuai pedoman dari Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari pertama, Selasa (15/10/2019), bulan lalu, mahasiswa mengikuti acara Cooking Demo (Showmanship) membuat Roast Duck bersama Chef Ari Purwantoro di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya. Mahasiswa diajarkan teknik memasak bebek utuh dengan bumbu khas Amerika banget.

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Rabu (16/10/2019), misalnya, mahasiswa Culinary Class praktik masak Hawaiian (American) Pizza, Cheesy Bites dan South of the Border Baked Chicken.

Selanjutnya pada pertemuan hari ketiga, Selasa (22/10/2019), Chef Nadya kembali menggelar Cooking Demo membuat Cubanos Sandwich. Mahasiswa Culinary Class diajarkan bagaimana teknik pengolahan paha sapi (Beef Shank) sesuai gaya masak ala orang-orang Amerika.

Sementara itu jadwal praktik masak American Cuisines hari keempat, Rabu (23/10/2019), mahasiswa baru Culinary Class membuat Burber Steak & Coleslaw and Country Potato dan Broccoli in Bearnaise Gratin, dengan di dampingi oleh Chef Ari Purwantoro.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada pertemuan Selasa (05/11/2019) pagi, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro sudah juga melakoni praktik masak membuat Fujitas (The Tortilla dan Tomato Salsa), Chile Con Carne dan Macho Nachos.

Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Selasa (12/11/2019) siang, mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang masih diajarkan masak dua menu American Cuisines yang berbeda, yakni Seafood Kabob with BBQ Sauce dan Honey Stung Wing.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar