twitter

Pages

Senin, 18 November 2019

Serunya Acara Demo Masak American Cuisines di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya


Dari Kitchen Culinary Graha Tristar, Chef Ari Purwantoro Persembahkan Buffalo Chicken Wings with Potato Chip


DOSEN Pengajar Culinary Akpar Majapahit, Chef Ari Purwantoro, untuk kali kesekian kembali menggelar demo masak satu menu makanan American Cuisine bertajuk Buffalo Chicken Wings with Potato Chip. Demo masak itu dihelat di Kitchen Culinary (C1) Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (14/11/2019) siang, pekan lalu.

Cooking demo tersebut dihadiri sekitar 20-an mahasiswa Culinary Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang. Sebelum demo masak digelar, semua bahan untuk masak Buffalo Chicken Wings with Potato Chip sudah disiapkan lebih dulu, sehingga proses memasaknya pun menjadi lebih cepat.

Untuk masak Buffalo Chicken Wings with Potato Chip, bahan yang dibutuhkan meliputi chicken wings, tomato sauce, hp sauce (saus Inggris), honey, lime juice, brown sugar, smokey BBQ flavour, potato, oregano dan parsley.

Menurut Chef Ari, pembelajaran seputar pengolahan makanan Amerika itu menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya.

Ketika mendemonstrasikan teknik masak Buffalo Chicken Wings with Potato Chip, Chef Ari membaginya dalam dua tahapan pekerjaan. Pertama, menyiapkan chicken wings untuk dibentuk sedemikian rupa ala kepala kerbau (buffalo) dengan tulang sayapnya yang menonjol mirip tanduk hewan ternak tersebut.

Setelah tampilan chicken wings-nya seperti buffalo, baru dimasak dengan di atas pan fry dengan menambahkan bahan seperti tomato sauce, saus Inggris, honey, lime juice, brown sugar dan smokey BBQ flavour, sedangkan oregano dan parsley disiapkan untuk mempercantik tampilannya saat chicken wings tersebut di-plating di atas piring bersama potato chip.

Sebelum masakan itu di-planting, tahapan pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan potato chip. Caranya, kentang dikupas kulitnya sampai bersih, lalu memotongnya dalam bentuk irisan tipis-tipis sehingga terbentuklah potato chip

Irisan tipis kentang yang sudah dibersihkan, kemudian dibumbui dengan menambahkan sedikit salt & pepper, selanjutnya potato chip tersebut digoreng sampai matang sempurna dengan warna kuning kecoklatan. 
Pekerjaan terakhir adalah menghias Buffalo Chicken Wings with Potato Chip menjadi sebuah hidangan yang mengundang selera makan tentunya. Chef Ari selanjutnya mempersilakan anak didiknya untuk mencicipi lezatnya Buffalo Chicken Wings with Potato Chip tersebut. Hmmmm …, rasanya memang mantul mas Bro!

Selain diajarkan teknik masak Buffalo Chicken Wings with Potato Chip, mahasiswa Culinary Class juga telah dibekali beberapa menu spesial American Cuisines seperti Crispy Fried Chicken dan Grilled Tuna with Hawaiian Salsa, di Kitchen Culinary (C1), Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

Mahasiswa Culinary Class praktik masak Hawaiian (American) Pizza, Cheesy Bites dan South of the Border Baked Chicken, mengikuti cooking demo membuat Roast Duck, Cubanos Sandwich. Mahasiswa Culinary Class juga diajarkan bagaimana teknik pengolahan paha sapi (Beef Shank) sesuai gaya masak ala orang-orang Amerika.

Tidak hanya itu, Chef Ari juga telah membekali anak didiknya teknik masak Burger Steak & Coleslaw and Country Potato dan Broccoli in Bearnaise Gratin, praktik masak membuat Fujitas (The Tortilla dan Tomato Salsa), Chile Con Carne dan Macho Nachos serta praktik masak Seafood Kabob with BBQ Sauce dan Honey Stung Wing.

”Kami juga mengenalkan berbagai macam makanan yang berasal dari Amerika dan sekitarnya seperti BBQ Beef Ribs, American Pizza, Beef Potato Soup, Beef Stew, American Burger, Hot Dog dan yang lain seperti yang ada di Buku Ajar (Silabus),” tandas Chef Ari Purwantoro kepada kru www.culinarynews.info.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

1 komentar:

  1. Waah jadi ngiler liat makanannya hehe
    Jangan lupa mampir http://bit.ly/2kvqZHV

    BalasHapus