twitter

Pages

Kamis, 28 November 2019

Kehebohan Mahasiswa Culinary Art Praktik Masak Dua Menu Masakan Asian Food


Mahasiswa Trestelle Accademia Culinaria Diajarkan Teknik Masak Singaporean Chili Crabs dan Singaporean Kweetiau


USAI ujian praktik masak mid final exam, akhir pekan lalu, sekarang giliran mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas Pagi (B Class) dan Kelas Siang (D Class) yang diasuh Chef Yenata Candra dan Chef Thomas Denny, dikenalkan cara pengolahan masakan Asian Food, di Kitchen Culinary Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Sky Suites SOHO-Samator Land Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.

Sesuai panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), maka agenda praktik masak pada Kamis (28/11/2019) pagi, mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B, diajarkan teknik masak Singaporean Chili Crabs dan Singaporean Kweetiau oleh Chef Yenata.

Mereka pun tampil all out saat praktik masak di Kitchen Modern Tristar Samator, sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga menyajikannya di meja kerja masing-masing.

Untuk masak Singaporean Chili Crabs, bahan yang dibutuhkan adalah crabs (small), celery (slice tipis), garlic (digeprek), green bell pepper (potong 1x1 cm), onion (di-chop kasar), egg white, tomato sauce, salt, MSG, chili sauce, sugar, garlic, red chili, candlenut, oyster sauce dan oil.

Sedangkan bahan untuk memasak Singaporean Kweetiau antara lain broccoli florets, canola oil, ginger (slice), garlic (digeprek) carrot (fine julience), green onion, red chili, curry powder, red pepper powder, shrimp, bean sprouts, kweetiau (dry), soy sauce, chicken stock, salt & sugar, sedangkan peanuts dan lime untuk garnish-nya,.

Untuk masak Singaporean Chili Crabs, tahapan pertama yang meti diperhatikan adalah melepas dan membersih dua ekor Kepiting (Crabs), lalu membagi Kepiting menjadi dua bagian sebelum potongan Kepiting itu digoreng hingga masak yang ditandai dengan warna kemerahan.

Selanjutnya memasak bumbunya yang terdiri dari celery (slice tipis), garlic (digeprek), green bell pepper (potong 1x1 cm), onion (di-chop kasar), egg white, tomato sauce, salt, MSG, chili sauce, sugar, garlic, red chili, candlenut, oyster sauce dan oil.

Setelah bumbu Singaporean Chili Crabs itu matang barulah potongan Kepiting itu dimasukkan ke dalam wadah bumbu yang sudah dimasak tersebut hingga bumbunya meresap ke dalam daging Kepiting. 

Selanjutnya, potongan Kepiting yang sidah dibumbui itu diangkat dan ditata di atas piring untuk di-plating dan di-garnish dengan irisan daun bawang, agar tampilannya menarik sebelum masakan itu disajikan di atas meja kerja.

Sementara itu untuk masak Singaporean Kweetiau (Kweetiau ala Singapura), yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengolah Kweetiau agar tidak sampai rusak (menjadi potongan-potongan kecil) saat dimasak bersama bumbunya.

Bahan memasak Singaporean Kwetiau mulai broccoli florets, canola oil, ginger (slice), garlic (digeprek) carrot (fine julience), green onion, red chili, curry powder, red pepper powder, shrimp, bean sprouts, kweetiau (dry), soy sauce, chicken stock, hingga salt & sugar dimasukkan jadi satu dalam wadah untuk dimasak sampai matang.

”Sedangkan peanuts dan irisan lime bisa dimantaatkan untuk garnish-nya agar tampilan Singaporean Kweetiau tampak kian cantik dan menarik ketika Anda sajikan di atas meja kerja,” kata Chef Yenata di hadapan anak didiknya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar