twitter

Pages

Sabtu, 23 November 2019

Keseruan Mid Final Exam Hari Pertama Sesi Siang di Kitchen Trestelle Accademia Culinaria


13 Kreasi Masakan Chinese Food & Indonesian Food Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Diapresiasi Tim Juri


SEBANYAK 13 kreasi masakan Chinese & Indonesian Food mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) Kelas C, diapresiasi tim juri yang terdiri dari Chef Agus Kurniawan, Chef Thomas Denny dan Chef Yanuar Kadaryanto, pada Mid Final Exam Hari Pertama, Rabu (20/11/2019), sesi siang di Kitchen Culinary Art Tristar Samator, Sky Suites-SOHO Samator, Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

Secara garis besar, tampilan 13 kreasi masakan Chinese & Indonesian Food yang dipersembahkan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas C, rata-rata sudah cukup menarik saat disajikan di meja uji. Namun ada juga beberapa catatan yang perlu digarisbawahi agar pada ujian berikutnya terutama dari segi tekstur dan cita rasa masakannya bisa lebih baik lagi.

Untuk mem-plating masakan agar tampilannya cantik dan menarik, pemilihan wadah, komposisi warna makanan dengan garnish-nya punya peranan penting supaya makanan itu saat dihidangkan di atas meja tampak cantik, menarik dan berkelas (elegan).

Dalam hal ini, Anda tidak boleh asal plating masakan itu karena Anda saat ini sudah masuk Triwulan III di Kelas Culinary Art. Untuk bisa tampil maksimal, Anda mesti explore segenap kemampuan terbaik karena contoh-contoh plating masakan yang excellent  selain sudah diajarkan dosen, Anda juga bisa searching internet sendiri untuk perbandingan.

Selain itu, teknik masak juga mesti diperhatikan mahasiswa Culinary Art Kelas C yang maju ujian pada sesi siangnya. Saat masak, sebaiknya Anda rajin nge-taste masakan tersebut apakah masih hambar atau kurang asin, sebelum masakan itu dihidangkan.

”Jangan sampai masakan itu keasinan, tapi dengan percaya diri Anda sajikan di meja uji, bisa-bisa nilai ujian Anda nanti malah jeblok!,“ kata Chef Yanuar mengingatkan anak didiknya seusai penilaian masakan hasil kreasi mahasiswa.

Sebanyak 13 kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yang beranggotakan tiga orang Dosen Culinary Art. Ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Tiga kriteria penilaian itu biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

Pada mid final exam hari pertama, Rabu (20/11/2019) siang, diikuti 13 orang mahasiswa Culinary Art Kelas C. Mereka bebas mengangkat kreasi masakan asal sesuai tema yakni Chinese & Indonesian Food, yang ada unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineralnya.

Mahasiswa pertama, Valentina Azza Febrianti tampil all out di Kitchen Culinary Art Tristar Samator, demi mempersiapkan dua menu masakan yang berjudul Garang Asem & Klepon. Sedangkan Indriyani Saputra, sibuk prepare bahan untuk masak Dangkot Ayam & Es Kacang Merah sebagai dessert-nya.


Selanjutnya, Yunita Loeni Wijaya Loe fokus menyiapkan dua kreasi masakannya yang bertajuk Ayam Bakar CIncane & Sup Jagung Telur di Kitchen Culinary Art Tristar Samator. Sedang Hanifah Masfu’ah dengan percaya diri masak dua menu andalannya yakni Steamed Ginger Chicken with Spinach & Peanut Salad untuk appetizer-nya.


Peserta ujian yang tampil berikutnya adalah Jessica Winanda Nainggolan. Gadis yang akrab disapa Jessica ini siap membuat masakan Indonesia yang diberi nama Nasi Ayam Lodho & Pastel. Sementara itu Graciela Aurelia Clarista (Cici) membuat Mie Celor & Shrimp Bowl.

Giliran peserta ujian berikutnya Ferdianto. Mahasiswa yang akrab disapa Ferdi itu tertarik mengangkat dua menu masakan Indonesia, yakni Nasi Ayam Rendang dan Es Melon Selasih, pada ujian praktik masak kali ini.

Selanjutnya mahasiswa yang tampil adalah Ryananda Bimantara Hardi Saputra. Ia tampak sibuk menyiapkan menu masakan Indonesia kesukaannya, yakni Nasi Bakar & Puding Mangga pada ujian praktik masak yang digelar di Kitchen Culinary Art Tristar Samator, Rabu (20/11/2019) siang.

Sementara itu, Fransisca Aristania Ayu Handayani tampil all out demi membuat masakan unggulannya yang diberi titel Cabbage Manchurian  & Crispy Orange Chicken, sedangkan Prischila Jatiriani serius untuk menyiapkan dua menu masakan tradisional Indonesia kegemarannya yakni Woku Belanga & Binte Biluhuta pada ujian praktik masak tersebut.

Mahasiswa yang tampil selanjutnya adalah Yuki Yuara, Danastri Omartya Andarista dan Anindya Adhiyoga. Yuki Yuara masak dua menu makanan Indonesia, Pepes Ayam Soto Tauco dan Es Kopyor Manis, Danastri menyiapkan Ayam Saos Mentega dan Risoles, sedangkan Adhiyoga antusias membuat Sup Ayam Klaten dan Ayam Taliwang.

Untuk memudahkan pekerjaan di Kitchen Culinary Art, Dosen Pengajar Culinary Tristar Samator Chef Yanuar Kadaryanto menetapkan durasi ujian praktik masak sekitar 1,5 jam, mulai prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating hasil kreasi masakannya sebelum dihidangkan di meja uji untuk dinilai tim juri.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar