twitter

Pages

Selasa, 17 November 2020

Serunya Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Praline di Graha Tristar Surabaya



Indahnya Mocha Praline, Ganache Praline, Biscuit Nut Truffle dan Nuts Ball Praline, Kreasi Mahasiswa Pastry Art


SEBANYAK 11 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Tristar Kelas Pagi diajarkan Chef Lusiana teknik membuat empat kreasi Chocolate Praline, yakni Mocha Praline, (White) Ganache Praline, Biscuit Nut Truffle dan Nuts Ball Praline. Praktik membuat aneka kreasi Praline hari pertama itu dihelat di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (05/11/2020) pagi.


 

Mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu adalah Leni Meliana Diska, Ange Lianawati, Grace Nuela Angger Naftali, Adam Krisna Wijaya, Siti Monalisa, Rulita Misbah Utoyibah, Yohana Rimba Gemintang, Shinta Nuriyah, Zoraida Intan Fajar, M. Farhan Firzatullah dan Nathan Widjaja Kusuma.



 

Sebelum praktik membuat empat kreasi Chocolate Praline yang indah, Chef Lusi, sapaan akrab Lusiana, menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan  Chocolate Praline dan Truffle di hadapan anak didiknya. Selain itu, Dosen Pengajar juga membekali pengetahuan tentang jenis coklat dan teknik pengolahan coklat.



 

Sesuai panduan praktik membuat aneka olahan produk pastry di Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari pertama, Kamis (05/11/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan membuat empat resep kreasi Chocolate Praline yakni Mocha Praline, (White) Ganache Praline, Biscuit Nut Truffle dan Nuts Ball Praline.


 

Sedangkan tatap muka hari kedua, Jumat (06/11/2020), mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi itu kembali dikenalkan cara membuat empat resep Chocolate Praline yang berbeda dari sebelumnya yakni Orange Cream Praline,  Rum Raisin Praline, Vanilla Nut Truffle dan Date Cashewnut Praline.


 

Dari empat resep yang diajarkan pada hari pertama tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat mahasiswa itu berhasil jika tampilan permukaan produknyatiga produk Praline yakni Mocha Praline, (White) Ganache Praline dan Nuts Ball Praline-- rata-rata mengkilap penampilannya, kecuali Biscuit Nut Truffle yang cenderung buram (dop) karena tidak dicetak dalam cetakan, melainkan dibentuk bulat pakai tangan. 




Untuk menghasilkan tampilan aneka produk Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Praline di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.


 

”Demi hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus mengasah kreativitasnya ketika mem-plating produk Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil Praline dari cetakan ada bagian pinggirannya yang belum rata, bisa Anda rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus, menarik dan rapi,” kata Chef Lusiana memberi tips cara membuat kreasi Chocolate Praline yang cantik dan menarik.


 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar