twitter

Pages

Rabu, 18 November 2020

Sisi Lain dari Belajar Hygiene & Sanitation di Great Hotel Surabaya


Usai Belajar Sanitasi dan Praktik Masak di Open Kitchen Zhang Restaurant, Mahasiswa Antusias Nikmati Sedapnya Tiga Menu Western Food


USAI belajar Hygiene & Sanitation Perhotelan dan praktik masak tiga menu Western Food di Open Kitchen Zhang Restaurant sekitar dua jam dalam dua sesi, 11 Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, antusias menikmati sedapnya sajian jamuan makan siang yang dikemas ala Table Manner di Zhang Restaurant Great Diponegoro Hotel Surabaya Hotels, Jumat (06/11/2020) siang.


Pada sesi pertama (durasi satu jam), tiga menu masakan Western untuk  makan siang yang disiapkan Chef Ridho Wahid S bersama enam mahasiswa Pastry Art Class siang itu adalah Asparagus Soup (Soup), Waffle Potato with Fish Schnitzel & BBQ Sauce (Main Course) dan Brulle (Dessert)-nya.

 

Sedangkan lima mahasiswa lainnya dikenalkan teknik men-set up meja makan untuk jamuan makan siang resmi yang dikemas ala Table Manner oleh Jafar Risma dari Food & Beverage Service (FBS) Zhang Restaurant. 

Sedangkan pada gelaran sesi kedua (durasinya juga satu jam), giliran lima mahasiswa Pastry Art Class bekerja di Open Kitchen Zhang Restaurant untuk masak tiga menu Western Food, sedangkan enam mahasiwa lainnya diajarkan cara men-set up meja makan untuk acara Table Manner.

 

Secara keseluruhan, acara bertajuk Cooking Practice with Chef Ridho Wahid S itu diapresiasi oleh mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, karena kegiatan itu diyakini bisa menambah ketrampilan dan passion mereka saat bekerja di kitchen hotel berbintang maupun restoran.

Menurut Chef Ridho, kunci utama untuk mengasah passion Anda adalah belajar, belajar dan belajar, juga kerja, kerja dan kerja. Tidak mungkin jenjang karier seseorang bakal naik kelas, kalau tidak diuji lebih dulu bagaimana kerasnya kerja di hot kitchen hotel.

”Justru di kitchen menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon chef atau chef junior demi mengasah ketrampilan dan menguji kemampuan masak mereka,” terang Chef Ridho Wahid mendampingi Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation Perhotelan Akpar Majapahit Hardhita Kusdharyanto M.Par.

Di kitchen hotel, Anda bisa memetik bagaimana kerja di bawah tekanan, membuat perencanaan belanja, menghitung cost dan konsisten menerapkan cost control, menyiapkan masakan sesuai order dari pelanggan (klien), meng-create menu makanan baru hingga berkoordinasi dengan pihak Banquet, Accounting, Marketing, Restoran (internal hotel) demi kepuasan pelanggan dan perusahaan pun bisa menangguk profit.

”Tidak menutup kemungkinan jika Anda merasa sudah mampu mandiri (setelah lama berkarier di hotel), Anda pun bisa berbisnis sendiri, misalnya buka usaha restoran atau cafĂ© dan Anda adalah manager sekaligus owner-nya,” tandas Head Chef Great Diponegoro Hotel Surabaya tersebut.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar