twitter

Pages

Senin, 30 November 2020

Aksi Ciamik Mahasiswa Culinary Art Masak Indonesian Food


Mahasiswa Tampilkan Nasi Kuning Bali, Jukut Mapelencing dan Bebek Bakar Bumbu Boreh yang Disuka Wisatawan  

 

KEEKSOTIKAN tampilan dan citarasa Nasi Kuning Bali yang dipadupadankan dengan Jukut Mapelencing dan Bebek Bakar Bumbu Boreng, dikenal luas di kalangan wisatawan domestik maupun  mancanegara yang berkunjung ke Pulau Dewata (Bali).


Ketiga menu asli daerah Bali yang disuka wisatawan itu masuk kategori masakan Indonesian Food dan menjadi menu wajib yang dipraktikkan oleh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit di Kitchen Culinary Graha Tristar Surabaya.


Di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar,  10 mahasiswa Culinary Art (C1) Kelas Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro berjibaku untuk masak tiga menu andalan dari Bali tersebut, pada pertemuan hari kedelapan, Kamis (19/11/2020) pagi.


Begitu juga delapan mahasiswa Culinary Art (C2) Kelas Pagi yang dibimbing Chef Thomas Denny, pagi itu juga tampil all out demi menyajikan tiga menu masakan dari Bali yang rasanya delicious banget, yakni Nasi Kuning Bali, Jukut Mapelencing dan Bebek Bakar Bumbu Boreh.


Untuk membuat Nasi Kuning khas daerah Bali, bahan yang dibutuhkan adalah plain rice, coco milk, salam leaf, turmeric, aromatic ginger, garlic, ginger dan lemon grass. Nasi putih yang sudah di-steamed di-uleni dengan coco milik plus bumbu kuning yang sudah dihaluskan. Aroma harum gurih hasil kombinasi garlic, ginger, lemon grass dan coco milk membuat Nasi Kuning Bali ini tampil beda.


 menu kedua, Jukut Mapelencing khas Bali ini tampilannya mirip dengan Urap-Urap kalau di Jawa. Bahan untuk membuat Jukut Mapelencing meliputi long bean (dipotong pendek 3-5 cm), bamboo shoot (rebung dipotong persegi seukuran dadu atau memanjang seperti tusuk gigi) dan parutan kelapa muda (coconut).


”Untuk spices (bumbu)-nya sendiri terdiri dari shallot, garlic, red chilli, coconut, turmeric, salt dan lime,” Chef Ari Purwantoro, di sela-sela mendampingi anak didiknya praktik masak Indonesian Food, di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar, Kamis (19/11/2020) pagi.


Menu terakhir yang dimasak mahasiswa adalah Bebek Bakar Bumbu Boreh. Untuk membuatnya diperlukan bahan-bahan sebagai berikut: whole duck, water dan oil, sedangkan spices (bumbu)-nya meliputi shallot, garlic, hot chilli, turmeric, shrimp cake, candlenut, galangal, aromatic ginger, lemon grass, lime leaf dan salt.

Bebek utuh yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi 8-10 bagian, lalu direbus sampai dagingnya lunak bersama bumbu yang telah dihaluskan hingga bumbu meresep sempurna ke dalam daging. Kuah bumbu dimasak di atas kompor dengan api kecil hingga reduce (kental) tinggal 15-20 persen saja.


Selanjutnya potongan daging bebek yang sudah dimasak tadi diangkat untuk di-grilled (dibakar) sampai rata selama beberapa menit, Setelah ketiga menu sudah siap semua, langkah terakhir adalah mem-plating agar tampilannya cantik dan elegan saat disajikan di atas meja uji.


Sementara itu Chef Thomas Denny selain membekali anak didiknya teknik masak Nasi Kuning Bali, Jukut Mapelencing dan Bebek Bakar Bumbu Boreh yang sedap, juga berbagi ilmu cara menghias makanan (plating) yang cantik dan elegan dari bahan masakan yang ada di kitchen.



Sebelum tiga menu khas dari Bali tersebut dihidangkan, Chef Thomas pun kembali berimprovisasi guna menyiapkan kreasi plating-an yang pas dengan tema masakan yang dipraktikkan pagi itu. Chef Thomas lalu mengambil kacang panjang yang sudah dimasak untuk dirangkai seperti anyaman rotan, sehingga tampak artistik saat ditampilkan di atas piring keramik warna putih.



Tidak hanya itu, Chef Thomas juga mencetak Nasi Kuning Bali-nya dengan tampilan berbentuk kerucut, Kreasi plating yang dicontohkan ini paling tidak bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa Culinary Art, saat mereka menghadapi ujian praktik masak pada pertengahan Desember 2020 mendatang.


Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar