twitter

Pages

Selasa, 03 November 2020

Melihat Kehebohan Mahasiswa Pastry Art Class Praktik di Graha Tristar Surabaya



Chocolate Fudge Cupcakes, Surprise Cupcakes, Choco Orange Cupcakes dan Carrot & Orange Cupcakes yang Menawan Persembahan Mahasiswa Pastry Art



DALAM pertemuan hari kedua, Selasa (27/10/2020) pagi,  Chef Renny Savitri kembali membekali 12 mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, teknik pengolahan Cupcakes, Muffins dan Quick Breads. Namun dalam praktik kali ini, mahasiswa praktik membuat empat kreasi Cupcakes kekinian di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan hari kedua tersebut, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit ini berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar teknik membuat empat resep Cupcakes yakni Chocolate Fudge Cupcakes, Surprise Cupcakes, Choco Orange Cupcakes dan Carrot & Orange Cupcakes.

 

12 mahasiswa Pastry Art yang mengikuti praktik pagi itu adalah Nurul Meidiyanti, Ruth Noraviani, Nazhifah Fairuz Syawal, Moh. Hafids Sunni, Reynaldi Tyasmara Trinanda Satryadharma, Cristyan Marvel Mahalubi, Stefanus Rendy Candra Prawita, Widad Ardiyanti Hamida, Haryo Pramudyo T., Vellen Margaretha, Hellen Margaretha dan Deaniswari Salsabila.


 

Masih menurut Chef Renny, sapaan akrabnya, demi membuat Chocolate Fudge Cupcakes yang enak, maka bahan yang dibutuhkan antara lain butter, icing sugar, chocolate paste, rum bakar paste, egg yolk, egg, milk powder, medium flour (segitiga) dan baking powder.


Sementara itu untuk membuat topping-nya, bahan yang disiapkan adalah chocolate dark compound dan fresh milk. Untuk garnish-nya sendiri bahannya meliputi chocolate white compound dan red cherry. Pada saat praktik membuat Chocolate Fudge Cupcakes diperlukan 15 cake cases atau papper cup untuk wadahnya.


 

Selanjutnya, untuk membuat Surprise Cupcakes, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi diminta menyiapkan Batter, yang bahan terdiri dari egg, egg yolk, cake flour (kunci biru), dan maizena.


Sedangkan pekerjaan selanjutnya menyiapkan Filling-nya. Bahan untuk membuat filling tersebut meliputi margarine, carrot (small dice), ground beef, green peas, onion (di-chop), parsley (juga di-chop), salt & pepper, fresh milk dan medium flour (segitiga).


Pekerjaan terakhir adalah menyiapkan Topping-nya yang memanfaatkan grated cheedar cheese. Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan 15 cake cases atau papper cup sebagai wadahnya.


 

”Untuk memasaknya hingga matang, empat kreasi Cupcakes kekinian itu harus di-bake pada suhu 170*C selama 10-15 menitan. Selanjutnya empat kreasi Cupcakes tersebut di-plating dan di-garnish lebih dulu, agar tampilannya cantik, menarik dan elegan, sebelum disajikan di atas meja uji,” terang Chef Renny di hadapan anak didiknya.


Selain diajarkan membuat empat kreasi Cupcakes kekinian, mahasiswa Pastry Art yang diasuh Chef Renny juga dibekali pengetahuan cara membuat delapan resep Muffin dan Quick Breads yang cantik, teksturnya lembut dan enak rasanya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar