twitter

Pages

Minggu, 08 November 2020

Serunya Mahasiswa Belajar Buat Kreasi Pie & Tartlet di Graha Tristar Surabaya

 

Cantiknya Pumpkin Pie, Prunes Pie with Almond Cream, Salami Vegetable Pie dan Mandarin Cream Tartlet, Kreasi Mahasiswa Pastry Art Class

 

MAHASISWA Pastry Art (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, kembali mempersembahkan empat kreasi Pie & Tartlet kekinian, yakni Pumpkin Pie, Prunes Pie with Almond Cream, Salami Vegetable Pie dan Mandarin Cream Tartlet yang cantik dan elegan, usai praktik bersama Chef Lusiana di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2, Graha Tristar Surabaya, Rabu (04/11/2020) pagi.

 

Praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet merupakan rangkaian kegiatan mahasiswa Pastry Art Class praktik di Kitchen Patisserie Graha Tristar, setelah mereka sebelumnya juga diajarkan membuat delapan resep Pie & Tarlet kekinian.

Delapan kreasi Pie & Tartlet tersebut adalah Apple Pie, Quice Mushroom Pie, Cocktail Tartlet, Lemon Tartlet, Open Apple Pie with Raisin, Dark Cherry Pie, Onion Spinach Cheese Flan, Egg Tartlet Apple Pie, Quice Mushroom Pie, Cocktail Tartlet dan Lemon Tartlet,pada Senin (02/11/2020) dan Selasa (03/11/2020) pagi.

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 10 mahasiswa itu dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing beranggotakan dua orang. Mereka diminta membuat kreasi Pie & Tartlet sesuai arahan dari Chef Lusi, sapaan karibnya.

Praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet itu diapresiasi mahasiswa Pastry Art Class yang antusias mengikuti proses pembuatannya sejak prepare bahan, proses membuat pie dough atau sugar dough, lalu menyiapkan filling-nya.

Saat membuat Pumpkin Pie, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus ditempuh. Pekerjaan pertama membuat Pie Dough (Sugar Dough). Bahannya terdiri dari margarine, butter, icing sugar, medium flour (segitiga biru), milk powder dan egg. Selanjutnya simmer bahan-bahan seperti brown sugar, water, butter dan tambah beberapa tetes vanilla paste.  

Sedangkan pekerjaan kedua menyiapkan Pumpkin Filling-nya mulai pumpkin yang sudah di-steam, egg, brown sugar, corn syrup, fresh cream dan salt. Egg dan brown sugar di-mix lebih dulu, kemudian disusul dengan memasukkan bahan yang lain seperti pumpkin, corn syrup dan salt ke dalam adonan tersebut.

Adonan Pumpkin Pie yang sudah dimasukkan tartlet (pie) form itu kemudian di-oven pada suhu 180*C selama 30-35 menitan hingga matang sempurna. Selanjutnya Pumpkin Pie yang sudah di-garnish  dengan irisan persegi buah pumpkin sehingga menjadi sebuah tampilan yang cantik dan menarik, saat Pumpkin Pie itu ditata dan disajikan di atas meja.

Kelompok mahasiswa berikutnya, kebagian tugas membuat Prunes Pie wirh Almond Cream. Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mereka berbagi tugas membuat Sugar (Pie) Dough dan menyiapkan Filling-nya  berikut bahan untuk garnish-nya.

Untuk membuat Sugar Dough, bahan yang disiapkan antara lain margarine, butter, icing sugar, medium flour (segitiga biru), milk powder, egg dan tambahkan beberapa tetes vanilla paste.

Selain menyiapkan Sugar Dough, mahasiswa juga membuat Cream Filling-nya yang bahannya berupa butter, sugar, egg, almond ground, cake flour (kunci biru), almond essence, dan untuk filling-nya sendiri berupa beberapa biji buah prunes. Sugar Dough yang sudah ditambahkan dengan cream filling berikut buah prunes-nya itu lalu dicetak pada pie form sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menit.

Di samping praktik membuat Pumpkin Pie dan Prunes Pie with Almond Cream, mahasiswa Pastry Art Class yang disupervisi oleh Chef Lusi, juga ditugasi membuat Salami Vegetable Pie (pie rasa savoury) dan Mandarin Cream Tartlet yang enak. Semua hasil kreasi mahasiswa itu di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik dan menarik.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar