twitter

Pages

Jumat, 27 November 2020

Melihat Kehebohan Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma Nur Devianti


Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Dilibatkan Saat Demo Buat Fish Nugget dari Daging Ikan Kakap Segar




SEBANYAK delapan dari 12 orang mahasiswa Culinary Art (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, giliran diajarkan teknik membuat Fish Nugget --dari daging ikan Kakap segar-- dengan sentuhan food technology bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti STP., M,MPar., Senin (16/11/2020) pagi. Sedangkan pada pekan sebelumnya, mahasiswa dibekali cara membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce).

 


Dipilihnya ikan Kakap segar untuk membuat Fish Nugget karena ikan laut ini cukup melimpah di pasaran, seperti halnya ikan Tenggiri dan ikan Kerapu, yang telah diuji di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursarti No. 244 Surabaya.


Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, kandungan gizi ikan Kakap segar cukup menjanjikan dan tidak kalah dengan ikan Tenggiri maupun ikan Kerapu, sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan gizi (protein dan mineral esensial) di dalam tubuh.

Kandungan gizi ikan Kakap segar per 100 gram, mengandung 100 kcal (418 kj) kalori (energy), 1,34 gram lemak, kolesterol 37 mg, 20,51 gram protein, 64 mg sodium, 417 mg kalium, 200 mg fosfor dan 77 gram air.


Praktik masak membuat Fish Nugget –dengan memanfaatkan fillet-an daging ikan Kakap segar-- merupakan materi pekan kedua belajar Food Technology Applications yang diajarkan Chef Rachma kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi.


 Materi praktik masak Fish Nugget –termasuk dalam kelompok Frozen Food--  ini pun diatensi mahasiswa yang juga tampil antusias mengikuti acara Cooking Demo with Chef Rachma. Acara cooking demo itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Senin (16/11/2020) pagi.


Sementara itu dalam praktik membuat Fish Nugget  ini juga lebih menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya. Sehingga, mahasiswa punya gambaran konkret jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri.


Selain itu, Chef Rachma juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Fish Nugget kepada anak didiknya di dalam kelas selama 30 menitan. Fish Nugget kali ini memanfaatkan fillet-an daging ikan Kakap yang masih segar dan tidak perlu dicuci lagi saat akan diolah.


Selanjutnya Chef Rachma, mengajarkan cara membuat Fish Nugget yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Fish Nugget kepada delapan mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.


Produk olahan ini bahannya terdiri dari fish fillet fresh, ice cube, tapioca, carrot, leek, STTP, garlic powder, salt, sugar, MSG, soft flour, tepung maizena, batter mix flour, bread crumb, cooking oil, kertas merang dan stick ice cream dengan pendekatan Food Technology.


Teknik membuatnya, fillet fish fresh di-blender dengan mesin food processor bersama ice cube sampai halus, lalu ditambahkan bumbu dan bahan-bahan lain dan di-blender lagi sampai tercampur sempurna. Bahan setengah jadi itu kemudian dicetak dengan bentuk persegi atau bentuk lain sesuai selera.


Fish Nugget itu kemudian direndam sebentar dalam butter mix flour, baru ditaburi tepung roti (bread crumb mix) sebelum digoreng sampai matang. Pasalnya, Fish Nugget untuk kebutuhan industri ini kebanyakan dkemas setengah matang, diberi Etiket, Merek Dagang, Nomor P-IRT, Komposisi Bahan dan Kandungan Nutrisi, Tanggal Produksi dan Tanggal Kedaluarsa.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar