twitter

Pages

Kamis, 26 November 2020

Dari Praktik Bartending di Batiqa Hotel Surabaya Bersama Dicky Lutfiabdi


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Diajarkan Cara Meracik Watermelon Martini dan Illution di Rooftop Darmo Steakhouse & Bar


FOOD & BEVERAGE MANAGER (FBM) Batiqa Hotel Surabaya Darmo Dicky Lutfiabdi berbagi ilmu teknik meracik minuman (bartending) dengan 12 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas Pagi, di Rooftop Darmo Steakhouse & Bar Lantai 15 Batiqa Hotel, Rabu (11/11/2020) petang.



Kali ini, Dicky, sapaan akrabnya, memberi contoh cara meracik dua minuman yang masuk kelompok cocktail (beralkohol), yakni Watermelon Martini dan Illution. Kedua jenis cocktail tersebut banyak disuka oleh pengunjung Rooftop Darmo Steakhouse & Bar.

Untuk meracik Watermelon Martini, metode yang dipakai adalah Muddling (ditumbuk). Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Watermelon Martini adalah rum, liquor, triple sec dan ice cube. Sedangkan cara meracik Illution dengan menggunakan metode Shacking (dikocok). Bahannya sendiri terdiri dari blue coracao, melon vibe, triple sec, rum, pineapple juice dan ice cube.

Sebelum praktik meracik dua minuman beralkohol tersebut, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Pagi dibekali pengetahuan umum seputar Beverage Basic Knowledge oleh Dicky Lutfiabdi di Meeting Room Lantai 3 Batiqa Hotel.

Dalam kesempatan itu Dicky juga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Beverage Basic Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa di online class oleh Dosen Pengajar Bar & Beverage Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo, mulai Alcoholic Beverage hingga Non-Alcoholic Beverage.

Dicky juga menyinggung tentang jenis-jenis gelas, cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.

Mahasiswa juga dikenalkan perbedaan antara Liquor dengan Liqeuer. Kalau Liquor adalah minuman beralkohol yang tidak memiliki rasa dan diperoleh dari proses fermentasi  buah anggur, biji-bijian, kentang, beras dan lain-lain, yang kemudian didestilasi secara berulang-ulang guna menambah kadar alkoholnya hingga berada pada kisaran 30-48 persen. Minuman beralkohol yang termasuk jenis Liquor antara lain Vodka, Gin, Whiskey, Rum dan Tequila.

Sedangkan Tequila sendiri terbuat dari MAGUEY (jenis Kaktus) di Meksiko. Tanaman ini jika cukup besar daunnya kemudian dipotong dan tinggallah bonggolnya (pangkal batang) diperas dan diambil getahnya. Lalu difermentasi hingga menghasilkan minuman yang disebut Pulque.

Pulque MAGUEY BRANDY atau VINE MASCAL. VINE MASCAL yang berasal dari kota TEQUILA, maka dari semua proses tersebut diambillah nama TEQUILA agar orang mudah tahu dari mana minuman ini berasal.

Sementara itu Liqeuer sendiri adalah minuman beralkohol yang memiliki rasa manis dan diperoleh dari proses fermentasi buah anggur, biji-bijian, kentang, beras dan lain-lain. Dan didestilasi secara berulang-ulang guna menambah kadar alkoholnya hingga mencapai kisaran 38 persen, misalnya Bols dan Pernoid.

Dalam kesempatan terpisah, Dosen Pengajar Bar & Beverage Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo mengungkapkan, secara umum pembelajaran di industri tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar