twitter

Pages

Selasa, 03 November 2020

Memotret Keseruan Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma



Fish Nugget dari Daging Ikan Kerapu Segar Persembahan Mahasiswa Baru Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi

 



SEBANYAK tujuh orang mahasiswa baru Culinary Art (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, giliran diajarkan teknik membuat Fish Nugget --dari daging ikan Kerapu segar-- dengan sentuhan food technology bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti STP., M,MPar., Senin (02/11/2020) pagi.

 

Praktik masak membuat Fish Nugget merupakan materi pekan kedua belajar Food Technology Applications yang diajarkan Chef Rachma kepada mahasiswa baru Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi. Pekan sebelumnya, mahasiswa dibekali cara membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce).

 

Materi praktik masak Fish Nugget –termasuk dalam kelompok Frozen Food--  ini pun diatensi mahasiswa yang mengikuti acara Cooking Demo with Chef Rachma. Acara cooking demo itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Senin (02/11/2020) pagi.

 

Dalam empat pekan ke depan, mahasiswa Culinary Art Class selain diajarkan cara membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce) dan Fish Nugget beserta aplikasinya, juga dibekali teknik membuat Bumbu Pecel Instan dan Pengolahan Tepung Jamur Crispy.

 

Sementara itu dalam praktik membuat Fish Nugget  ini juga lebih menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya. Sehingga, mahasiswa punya gambaran konkret jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri.

 

Selain itu, Chef Rachma juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Fish Nugget kepada anak didiknya di dalam kelas selama 30 menitan. Fish Nugget kali ini memanfaatkan fillet-an daging ikan Kerapu (Garoupa) yang masih segar dan tidak perlu dicuci lagi saat akan diolah.

 

Selanjutnya Chef Rachma, sapaan akrabnya, mengajarkan cara membuat Fish Nugget yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Fish Nugget kepada tujuh mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

 

Produk olahan ini bahannya terdiri dari fish fillet fresh, ice cube, tapioca, carrot, leek, STTP, garlic powder, salt, sugar, MSG, soft flour, tepung maizena, batter mix flour, bread crumb, cooking oil, kertas merang dan stick ice cream dengan pendekatan Food Technology.

 

Teknik membuatnya, fillet fish fresh di-blender dengan mesin food processor bersama ice cube sampai halus, lalu ditambahkan bumbu dan bahan-bahan lain dan di-blender lagi sampai tercampur sempurna. Bahan setengah jadi itu kemudian dicetak dengan bentuk bulat, persegi, hati (love) atau bintang sesuai selera. Sedangkan pada praktik Senin (24/02/2020) pagi, Fish Nugget yang dibuat mahasiswa hanya berbentuk bulat saja.

 

Fish Nugget itu kemudian direndam sebentar dalam butter mix flour, baru ditaburi tepung roti (bread crumb mix) sebelum digoreng sampai matang. Pasalnya, Fish Nugget untuk kebutuhan industri ini kebanyakan dkemas setengah matang, diberi Etiket, Merek Dagang, Nomor P-IRT, Komposisi Bahan dan Kandungan Nutrisi, Tanggal Produksi dan Tanggal Kedaluarsa.

 

Untuk bisa bertahan lama dalam penyimpanan di lemari pendingin selama satu bulan misalnya, maka Fish Nugget itu sebaiknya dikemas dalam plastik yang di-vacuum lebih dulu. Hal sama juga dilakukan untuk pengemasan produk frozen food yang lain seperti Sosis (Sausage), Pentol Bakso (Meat Ball), Kekian  dan Tempura.

 

“Dan jika Fish Nugget tersebut ingin dikonsumsi langsung, maka proses penggorengan produk frozen food itu bisa dilanjutkan hingga matang berwarna kecoklatan. Untuk penyajiannya sendiri bisa di-plating dan di-garnish lebih dulu dengan menggunakan mayonnaise dan chilli sauce agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas tentunya,” kata Dosen Pengajar Food Technology dengan hijab di kepala tersebut.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar