twitter

Pages

Jumat, 27 November 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Akpar Majapahit di Great Diponegoro Hotel


Open Kitchen Zhang Restaurant Jadi Second Kitchen bagi Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit

 

BAGI 24 mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit, praktik masak di Laboratorium Praktik Culinary & Patisserie Graha Tristar sudah biasa, namun jika praktik masaknya digelar di kitchen hotel berbintang, baru luar biasa. Tak salah jika Open Kitchen Zhang Restaurant pun menjadi Second Kitchen bagi mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.

 

Melalui acara yang bertajuk Cooking Practice with Chef Ridho Wahid S., mahasiswa memenuhi tantangan Head Chef Great Diponegoro Hotel Surabaya, yakni masak tiga menu Western Food untuk jamuan makan siang yang ditata ala Table Manner. Kunjungan industri itu sendiri dihelat pada Jumat (13/11/2020) pagi.

Demi memudahkan pekerjaan di Open Kitchen Zhang Restaurant , maka 24 mahasiswa dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1 (12 mahasiswa) bekerja di kitchen, sedangkan Kelompok 2 (12 mahasiswa yang lain) diajarkan teknik men-set up meja makan untuk persiapan acara Table Manner.

Pada sesi pertama, 12 mahasiswa Pastry Art Class tampil all out saat masak Chicken Corn Thick Soup (Soup), Beef Scallopini with Straight Cut Potato & Mesclun Salad (Main Course) dan Mango Glutinous Rice (Dessert). Durasi masak tiga menu itu tidak lebih dari 30 menit.

Selama praktik masak di kitchen hotel, 12 mahasiswa Pastry Art Class disupervisi langsung oleh Chef Ridho Wahid S. Sedangkan Jafar Risma, Captain Zhang Restaurant mendampingi 12 mahasiswa belajar cara men-set up meja makan untuk jamuan makan siang resmi ala Great Diponegoro Hotel Surabaya.



Sementara itu pada gelaran sesi kedua, 12 mahasiswa yang sebelumnya bekerja di kitchen, giliran dibekali Jafar Risma teknik men-set up meja untuk acara Table Manner, sedangkan 12 mahasiswa lainnya ganti praktik masak di kitchen bersama Chef Ridho.

Sebelum tampil di Open Kitchen Zhang Restaurant, mahasiswa diberi arahan oleh Chef Ridho seputar mekanisme kerja di kitchen hotel. Kru kitchen wajib mengenakan safety shoes, handclove, topi chef dan seragam chef lengkap dengan apron-nya.

Mahasiswa Pastry Art Class tersebut juga dibekali seputar General Sanitation yang menitikberatkan pada manfaat dari keberadaan fasilitas IPAL dari sebuah industri perhotelan. IPAL di sebuah hotel berbintang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi pengelola hotel demi menciptakan lingkungan hotel yang bersih dan sehat dari aspek sanitation-nya.

Manfaat sanitasi sendiri antara lain untuk mencegah penyakit menular, mencegah kecelakaan (kerja), mencegah timbulnya bau tak sedap, menghindari pencemaran lingkungan dan menciptakan lingkungan menjadi sehat, bersih dan nyaman.

Selanjutnya Chef Ridho menerangkan bahan masakan apa saja yang telah disiapkan kru kitchen sebelumnya masak Chicken Corn Thick Soup (Soup), Beef Scallopini with Straight Cut Potato & Mesclun Salad (Main Course) dan Mango Glutinous Rice (Dessert).

Dengan kesiapan kru kitchen, maka acara Cooking Practice with Chef Ridho, maka praktik masak tiga menu Western Food tersebut bisa diselesaikan dalam waktu 30 menitan. Durasi masak itu dihitung mulai prepare bahan, proses memasaknya hingga mem-plating masakan tersebut sebelum disajikan untuk acara Table Manner.

Demi menjaga effort kerja mahasiswa, maka Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation Perhotelan Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par pun memberi perhatian khusus terhadap anak didiknya yang saat itu sedang bekerja di Open Kitchen Zhang Restaurant.

Dalam kesempatan itu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno kembali mengingatkan anak didiknya bagaimana seharusnya bekerja di kitchen hotel. Kegiatan Cooking Practice with Chef Ridho ini merupakan salah satu solusi untuk mempertajam ketrampilan mahasiswa Pastry Art Class sesuai passion-nya masing-masing.

”Mekanisme kerja di kitchen hotel selain menuntut ketrampilan individu, juga bagaimana kru kitchen bisa bekerja sama sesuai arahan head chef atau chef de party (CDP), sehingga target waktu masak sejak prepare bahan hingga masakan siap disajikan tepat waktu,” tandasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Graha Tristar maupun di luar kampus, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar