twitter

Pages

Kamis, 26 November 2020

Dari Kunjungan Industri Mahasiswa Akpar Majapahit di Grand Darmo Suite Hotel


Jawab Tantangan Chef Dita, Mahasiswa Akpar Majapahit Persembahkan Satu Set Menu untuk Lunch Buffet


 

JAWAB tantangan Chef Dita Aunurofi, Head Chef Grand Darmo Suite Hotel Surabaya, mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi, tampil percaya diri saat masak satu set menu Fusion Food (perpaduan antara Chinese Food dan Indonesian Food) yang delicious, untuk jamuan makan siang prasmanan (lunch buffet) ala Grand Darmo, Kamis (12/11/2020) pagi.

 

Sebelum tampil di Kitchen Angling Darmo Resto & Poolbar, mahasiswa diberi arahan oleh Chef Dita seputar mekanisme kerja di kitchen hotel. Kru kitchen wajib mengenakan safety shoes, handclove, topi chef dan seragam chef lengkap dengan apron-nya.

Selanjutnya Chef Dita menjelaskan bahan masakan apa saja yang disiapkan untuk masak satu set menu Fusion Food tersebut, mulai tempe mendoan (Appetizer), sup merah (Soup), nasi putih, nasi goreng Hongkong, kweetiau goreng, cap cay, chicken with sausage garlic, fish sauce mayonnaise + condiment (Main Course). Sedangkan Dessert-nya sendiri meliputi mineral water, orange juice, guava juice dan slice fruits dan pudding.

Jika acara Cooking Practice with Chef Dita biasanya berdurasi 1,5 jam, namun karena yang bekerja di kitchen kali ini adalah mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit, maka ada toleransi waktu masaknya dipatok hingga pukul 12.00 WIB, di mana hasil masakan tersebut sudah tersaji di atas meja prasmanan.

 

Meskipun durasi masaknya siang itu diperpanjang hingga satu jam lagi, namun antusiasme mahasiswa bekerja di kitchen tetap tinggi. Aksi mereka saat bekerja di kitchen hotel berbintang tidak kalah dengan ketika mahasiswa praktik di Laboratorium Praktik Culinary & Patisserie Graha Tristar.

 

Demi menjaga semangat kerja mahasiswa, maka Dosen Pengajar Hygiene & Sanitation Perhotelan Agoes Soedarsono M.Par dan Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par pun men-support langsung kesibukan anak didiknya saat bekerja di kitchen hotel berbintang tersebut. Pokoknya seru banget!

Mahasiswa baru Pastry Art itu diajarkan teknik memotong sayuran, men-slice buah segar, membersihkan dan mem-fillet daging ayam, memotong daging ikan dori, membuat pudding hingga cara memainkan api pada kompor Wok, saat masak nasi goreng Hongkong, membuat kweetiau goreng dan masak cap cay.

 

Sekalipun proses masak satu set menu Fusion Food durasinya lebih panjang, namun  Chef Dita Aunurofi tetap mengapresiasi semangat juang mahasiswa baru Pastry Art Akpar Majapahit saat bekerja di second kitchen ini.

 

”Pasalnya, second kitchen ini merupakan Laboratorium Praktik Culinary & Patisserie kedua, yang keberadaannya di luar kampus Graha Tristar,” kata Chef Dita di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


 

Dalam kesempatan itu, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit tak pernah bosan untuk mengingatkan anak didiknya bagaimana seharusnya bekerja di kitchen hotel. Kegiatan Cooking Practice with Chef Dita ini merupakan salah satu solusi bagi mahasiswa untuk mengenal lebih dekat mekanisme kerja di industri perhotelan, khususnya di kitchen hotel berbintang.

”Mekanisme kerja di kitchen hotel selain menuntut ketrampilan individu, juga bagaimana kru kitchen bisa bekerja sama sesuai arahan head chef atau chef de party (CDP), sehingga target waktu masak sejak prepare bahan hingga masakan siap disajikan tepat waktu,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Graha Tristar maupun di luar kampus, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar