twitter

Pages

Selasa, 17 November 2020

Memotret Mahasiswa Tristar Group Praktik Bartending di Maxone Hotels Surabaya Tidar


Mahasiswa Perhotelan Tristar Group Belajar Beverage Basic Knowledge dan Meracik Minuman di Loveshack Sky Bar


PADA hari Kamis (05/11/2020) sore, 25 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Tristar Group (14 mahasiswa Trstar Jemursari, lima mahasiswa Tristar Manyar dan enam mahasiswa Tristar Samator), di dampingi Dosen Mata Kuliah Bar & Beverage Tristar Group, Yoseph Agung Priyo Widodo, mengikuti kunjungan industri untuk belajar meracik minuman (Bartending) di Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Jl. Tidar No. 5 Surabaya.


Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Tristar Group yang dipimpin Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Hardhita Kusdharyanto M.Par dan Yoseph Agung Priyo Widodo, sore itu, disambut hangat oleh General Manager (GM) MaxOne Hotels Tidar Budi Setiono, Food & Beverage Manager (FBM) Kasiadik dan Supervisor Loveshack Sky Bar Nur Halim, di Lantai 7 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Sebelum praktik meracik minuman beralkohol (Cocktail) dan non-alkohol (Mocktail), mahasiswa dibagi dua kelompok (masing-masing beranggotakan 12-13 orang) diajak tour hotel lebih dulu oleh FBM MaxOne Hotels Tidar Surabaya, Kasiadik dan Supervisor Loveshack Sky Bar Nur Halim.

Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Lobby Hotel, Meeting Room, OOB Kitchen (Café & Resto yang menyatu dengan Open Kitchen) di Lantai 2 MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Usai tour hotel selama 30 menitan, rombongan kembali ke Loveshack Sky Bar di Lantai 7 MaxOne Hotels Surabaya Tidar, untuk mengikuti acara utama yakni Beverage Basic Knowledge & Beverage Practice yang dipandu langsung oleh Supervisor Loveshack Sky Bar Nur Halim.

Dalam kesempatan itu, Nur Halim mempresentasikan Beverage Basic Knowledge. Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Surabaya Tidar itu menjelaskan Sejarah Bar, Jenis Bar, Organisasi Bar atau Struktur Organisasi Bar hingga cara meracik minuman sesuai standar industri perhotelan.

Ia juga me-refresh kembali ingatan mahasiswa tentang Beverage Basic Knowledge yang sudah diajarkan kepada mahasiswa di bangku kuliah, mulai Alcoholic Beverage, dan Non-Alcoholic Beverage.

Halim, sapaan akrab Nur Halim, juga menyinggung tentang cara pembuatan dan aneka jenis minuman beralkohol (Alcoholic Beverage) yang beredar di pasaran sampai saat ini, mulai Beer, Layer Beer, Stout, Pilsener, Wine, Aromatized Wine hingga macam-macam Spirit.

Usai me-refresh ingatan mahasiswa seputar Beverage Basic Knowledge, giliran selanjutnya Supervisor Loveshack Sky Bar MaxOne Hotels Tidar ini tampil untuk mempraktikkan cara meracik minuman baik Mocktail dan Cocktail di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Tristar Group.

Resep minuman beralkohol (Cocktail) pertama yang diracik dengan metode Shacking (dikocok) adalah Ocean Blue. Minuman beralkohol yang efeknya slow responsive ini banyak disuka kaum perempuan. Resep cocktail with ice ini terdiri dari rum, lemon syrup, lemon fruit, minuman bersoda (pepsi misalnya), selasih, mint dan ice cube.

Selanjutnya, Nur Halim mengajarkan cara meracik Gin Tonic dengan metode Puring. Bahan untuk meracik Gin Tonic adalah ice cube, gin, tonic water, fresh orange juice, simple syrup dan lime dengan garnish buah cherry atau irisan lemon dan daun mint, sehingga menghasilkan citarasa sweet & sour yang menyegarkan pada minuman tersebut.

Sedangkan racikan minuman beralkohol ketiga dengan metode Muddling adalah Blue Submarine (Kapal Selam). Dalam praktik tersebut, salah satu racikannya yang biasanya menggunakan guiness diganti bir biasa. Selanjutnya mahasiswa kembali diajarkan teknik meracik minuman tradisional dari Betawi yang mengandung rempah-rempah dan bebas alkohol yakni Bir Pletok Betawi dengan metode Shackng.

Terakhir, Supervisor Loveshack Sky Bar itu mendemonstrasikan cara meracik Virgin Bloody Mary (Mocktail) dengan metode Shacking. Minuman klasik bebas dari alkohol ini komposisinya memanfaatkan sari buah (juice), simple syrup dan minuman bersoda. Aksi ciamik Nur Halim selama 1,5 jam tersebut diapresiasi oleh mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Tristar Group yang hadir petang itu.

Dalam kesempatan terpisah, Dosen Bar & Beverage Tristar Group Yoseph Agung Priyo Widodo mengungkapkan, secara umum pembelajaran di industri tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit Graha Tristar, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar