twitter

Pages

Senin, 16 November 2020

Dari Praktik Masak American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar


Chef Jo Ajarkan Mahasiswa Culinary Art Cara Buat Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella

 

CHEF Mario Alvin Jonathan yang akrab disapa Chef Jo kembali hadir pada hari kedelapan belajar masak American Cuisines, Kamis (05/11/2020) pagi, 10 orang mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi, tampil percaya diri ketika praktik masak Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella, di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


 

Praktik masak tiga menu makanan American Cuisines kali ini selain menekankan pada teknik pengolahan sari laut (seafood), yakni olahan Shrimp (Udang) dan Tuna pada saat masak Shrimp Corn Chowder dan Grilled Tuna with Pineapple Sauce, juga memasak Beef Sausage dan Beef Bacon (Daging Sapi Olahan) pada saat membuat Paella.


 

Sehari sebelumnya, Rabu (04/11/2020) pagi, mahasiswa telah dibekali Chef Jo teknik membuat Seafood Kebab with BBQ Sauce & Caesar Salad yang lezat. Selain itu, mahasiswa Culinary Art Class juga telah mempraktikkan beberapa menu spesial American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar.


 

Untuk mempercepat pekerjaan di kitchen, enam mahasiswa Culinary Art (dibagi dalam dua kelompok kecil), diminta Chef Mario Alvin Jonathan masak Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella. Kedua masakan Amerika Latin ini termasuk kelompok  menu utama (Main Course).


 

Untuk masak Grilled Tuna with Pineapple Sauce, misalnya, bahan masakan yang dibutuhkan antara lain salad oil, lemon juice, scallion, tuna (dibersihkan, lalu diberi seasoning dan ditetesi perasan lemon juice untuk mengurangi bau amis), pineapple, onion, red bellpepper, hot chilli dan tambahkan maizena atau tapioca untuk pengentalnya.


 

Sementara itu untuk menu kedua adalah Paella. Bahan yang disiapkan untuk membuat Paella yang lezat rasanya, meliputi onion, garlic, jalapeno, tomato, salad oil, rice, cumin, green peas, beef sausage (di-slice lebih dulu) dan beef bacon diolah jadi satu bersama berasnya.


 

Sedangkan menu ketiga adalah Shrimp Corn Chowder (Soup). Demi masak sup udang yang segar dan gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari shrimp (kupas kulit, cuci sampai bersih lalu di-sautee sampai matang), cooking oil, salt, onion, cayenne pepper, ground cumin, paprika powder, tabasco, butternut squash, potato, corncob (di-simmer separo dan sisanya di-blender), water, cream, frozen peas dan chicken stock (kaldu ayam yang disiapkan sehari sebelumnya).


”Praktik masak pengolahan makanan Amerika dan sekitarnya hingga pertemuan hari kedelapan itu masih menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya,” terang Chef  Jo di ruang kerjanya, pekan lalu.


 

Ketiga menu masakan American Cuisines itu selanjutnya di-plating agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas. Untuk evaluasi harian, hasil masakan mahasiswa dikritisi dosen pembimbing dari tiga aspek, yakni tampilan (kreativitas), tekstur dan rasa, seperti yang biasa diaplikasikan pada industri perhotelan.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar