twitter

Pages

Selasa, 03 November 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Pastry Art Class Praktik di Graha Tristar Surabaya



Chef Dwi Mei Retnowati Apresiasi Empat Kreasi Cupcakes Kekinian yang Ditampilkan Mahasiswa Pastry Art Kelas Siang

 

PADA tatap muka hari kedua, Selasa (27/10/2020) siang, Chef Dwi Mei Retnowati mengapresiasi empat kreasi Cupcakes kekinian yang ditampilkan mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Siang. Empat kreasi Cupcakes itu adalah Chocolate Fudge Cupcakes, Surprise Cupcakes, Choco Orange Cupcakes dan Carrot & Orange Cupcakes.

 

Apresiasi yang diberikan Chef Mei kepada anak didiknya itu karena mereka punya effort dan antusiasme yang tinggi saat praktik sekaligus bekerja di Laboratorium Praktik Patisserie demi menghasilkan produk pastry yang berstandar industri perhotelan.

 

”Mereka rata-rata sudah bekerja secara on the track sejak prepare bahan hingga memungkasi pekerjaan terakhir, yakni meng-garnish empat kreasi Cupcakes yang dibuatnya, sebelum didokumentasikan oleh tim Multimedia Tristar Group,” ujar Chef Mei, saat mengevaluasi kinerja anak didiknya.


Sementara itu praktik membuat empat kreasi Cupcakes kekinian itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Praktik membuat Cupcakes kekinian ini masih terkait dengan materi praktik yang bertajuk teknik pengolahan Cupcakes, Muffins dan Quick Breads.


 

Pada pertemuan hari kedua itu, Chef Mei, sapaan akrab Dwi Mei Retnowati, berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep Cupcakes yakni Chocolate Fudge Cupcakes, Surprise Cupcakes, Choco Orange Cupcakes dan Carrot & Orange Cupcakes.


 

Menurut Chef Mei, demi membuat Choco Orange Cupcakes yang lembut teksturnya dan rasanya pun enak,  maka bahan yang dibutuhkan antara lain margarine, icing sugar, vanilla paste, egg yolk, egg, milk powder, medium flour (segitiga biru) dan baking powder..


Sementara itu untuk membuat garnish dan topping-nya berupa butter cream, maka bahan yang disiapkan adalah butter, white margarine, condensed milk, vanilla paste, icing sugar, egg yellow color, chocolate paste, orange fresh fruit dan 15 pieces cake cases atau papper cup.


 

Selanjutnya, untuk membuat Carrot & Orange Cupcakes, mahasiswa Pastry Art Kelas Siang diminta menyiapkan bahan terdiri dari margarine, icing sugar, vanilla paste, egg yolk, egg, milk powder, medium flour (segitiga biru), baking powder, carrot di-grated lebih dulu) dan orange zest.


 

Selain itu, mahasiswa Pastry Art juga diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat butter cream yang terdiri dari butter, white margarine, condensed milk, vanilla paste dan icing sugar  Bahan-bahan tersebut masih harus ditambah dengan plastic icing, orange and green color dan 15 pieces cake cases atau papper cup.


 

”Untuk memasaknya hingga matang, empat kreasi Cupcakes kekinian itu harus di-bake pada suhu 170*C selama 10-15 menitan. Selanjutnya empat kreasi Cupcakes tersebut di-plating dan di-garnish lebih dulu, agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas, sebelum ditampilkan di atas meja uji,” tandas Chef Mei kepada anak didiknya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar