twitter

Pages

Rabu, 18 November 2020

Memotret Keseruan Mahasiswa Ramaikan Cooking Practice with Chef Joko


Mahasiswa Culinary Art Class Masak Satu Set Menu Chinese Food untuk Lunch Buffet di Food University Bistro


GILIRAN tujuh mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit yang datang untuk memenuhi tantangan Chef Joko Aryo Handoko dari Food University Bistro (FUB), praktik masak satu set menu lengkap bertajuk Delicious of Chinese Food di Kitchen FUB, Senin (09/11/2020) siang. 


Tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang meramaikan gelaran Cooking Practice with Chef Joko adalah Chusnul Chotimah, Sekar Novitasari, Kariszha Serafin, Rifky Alfa Hanif, Eka Wahyu Wildani Putri dan Yoel Widya Susanto.

Praktik masak satu set menu Chinese Food itu, mulai Lumpia Udang Mayonnaise (Appetizer), Asparagus Crab (Corn) Soup (Soup) dan Chicken Kung Pao, Seafood Fried Rice, Dori Lemon Orange, Baby Kailan Garlic, Fish Ball Bitten, Steamed Rice lengkap dengan Condiment-nya berupa Acar, Sambal Kecap Asin dan Kerupuk (Main Course).

Sedangkan Dessert-nya sendiri berupa Mineral Water dan Pudding Cocktail Ice. Bahan untuk membuat Pudding Cocktail Ice yang segar dan menyegarkan ini terdiri dari pudding, simple syrup, milk dan ice cube.

Hasil masakan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit itu nantinya akan dihidangkan dalam acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet) di Food University Bistro Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

Kedatangan rombongan mahasiswa itu di dampingi Dosen Pengajar Housekeeping Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Dua orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan acara Cooking Practical with Chef di Food University Bistro.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni culinary business (café & resto) atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Sebelum mengikuti gelaran Cooking Practical with Chef Joko, mahasiswa diterangkan secara singkat menu berikut bahan-bahannya apa saja yang akan dimasak, mulai Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya.


Dasar-dasar Hygiene & Sanitation yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan juga diingatkan kepada kepada mahasiswa. Oleh karena itu, pihak FUB pun menekankan bagaimana pentingnya aspek Hygiene & Sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Di masa New Normal seperti sekarang ini, misalnya, penerapan Protocol Kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, hand sanitizer, hand clove (sarung tangan), personal hygiene (topi, baju dan sepatu chef) wajib dikenakan saat bekerja di kitchen FUB.

Oleh karena itu dalam pengarahan singkatnya, Chef Joko mengajak mahasiswa Culinary Art Class untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Saat bekerja di kitchen tidak boleh bicara sendiri-sendiri, mahasiswa juga diminta tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation dengan memakai masker, face shield, sarung tangan, menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak (physical distancing).

Sesuai arahan Chef Joko, tujuh mahasiswa Culinary Art Class pun langsung berbagi tugas untuk masak Lumpia Udang Mayonnaise (Appetizer), Asparagus Crab (Corn) Soup (Soup) dan Chicken Kung Pao, Seafood Fried Rice, Dori Lemon Orange, Baby Kailan Garlic, Fish Ball Bitten, Steamed Rice lengkap dengan Condiment-nya berupa Acar, Sambal Kecap Asin dan Kerupuk (Main Course). Sedangkan Dessert-nya sendiri berupa Mineral Water dan Pudding Cocktail Ice.

Sementara itu dua orang kru kitchen Food University Bistro turun tangan sendiri guna men-set up meja untuk menata hasil masakan yang tengah disiapkan mahasiswa Culinary Art Class agar tampak cantik dan artistik penampilannya.

Di sela-sela mendampingi mahasiswa praktik masak di kitchen FUB, Chef Joko kembali berbagi ilmu cara mengoperasikan kompor Wok sekaligus memberi tips bagaimana memainkan api kecil, sedang hingga api besar (tekanan maksimal) agar masakannya –Chicken Kung Pao, Seafood Fried Rice dan Baby Kailan Garlic-- tidak sampai over cook atau sebaliknya under cook.

Sedangkan Dosen Pengajar Housekeeping Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengajak anak didiknya untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena acara Cooking Practical with Chef ini bertujuan untuk mempertajam passion Anda di bidang culinary business.

”Selain praktik masak di Food University Bistro, saya juga mengagendakan untuk mengikuti tantangan masak di sejumlah hotel berbintang. Pengalaman berbeda ini besar manfaatnya buat Anda setelah lulus kuliah nanti,” terangnya.

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class juga dinikmati Henry Fransis, orangtua dari Kariszha Serafin, yang sore itu melihat langsung aktivitas mahasiswa yang sedang praktik masak Chinese Food di kitchen FUB.

”Cita rasa dan tampilan masakan yang disajikan mahasiswa tidak kalah dengan menu makanan di hotel berbintang. Saya senang mereka berani tampil di luar kampus demi meningkatkan passion-nya sebagai calon chef,” puji Henry Fransis kepada kru www.culinarynews.info.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar