twitter

Pages

Senin, 16 November 2020

Dari Praktik Masak American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar


Sedapnya Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella Persembahan Mahasiswa Baru Culinary Art Akpar Majapahit

 

PADA tatap muka hari kedelapan belajar masak American Cuisines, Kamis (05/11/2020) pagi, 10 orang mahasiswa baru Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi, tampil all out ketika praktik masak tiga menu makanan Amerika yang sedap rasanya, di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Selain dibekali teknik membuat Seafood Kebab with BBQ Sauce & Caesar Salad yang yummy pada praktik masak sehari sebelumnya, Rabu (04/11/2020) pagi, mahasiswa Culinary Art Class juga telah mempraktikkan beberapa menu spesial American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar.


 

Dalam kesempatan itu Chef Ari Purwantoro mengenalkan teknik masak tiga menu American Cuisines yakni Shrimp Corn Chowder, Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella di Kitchen Culinary Graha Tristar. Menu American Cuisines kali ini menekankan cara pengolahan sari laut (seafood), seperti Shrimp (Udang) dan Tuna.


 

10 mahasiswa baru Culinary Art yang hadir pagi itu adalah Wahyu Dwi Setyowati, Ellen Nylawati, Fathia Khotrunnada, Nauval Maulana, Amanda Caroline Margaretha, Kresna Satria Wiguna, Nur Tias Pandan Arum, Ananda Fachrur Lintang Pratama, Muh. Faishal Dzakyraihan dan Muhammad Bilal Nugraha.


 

Demi masak Shrimp Corn Chowder (Soup) yang segar dan gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari shrimp (kupas kulit, cuci sampai bersih lalu di-sautee sampai matang), cooking oil, salt, onion, cayenne pepper, ground cumin, paprika powder, tabasco, butternut squash, potato, corncob (di-simmer separo dan sisanya di-blender), water, cream, frozen peas dan chicken stock (kaldu ayam yang disiapkan sehari sebelumnya).


Sedangkan dua menu berikutnya, yakni Grilled Tuna with Pineapple Sauce dan Paella masuk kelompok  menu utama (Main Course). Untuk masak Grilled Tuna with Pineapple Sauce, misalnya, bahan masakan yang dibutuhkan antara lain salad oil, lemon juice, scallion, tuna (dibersihkan, lalu diberi seasoning dan ditetesi perasan lemon juice untuk mengurangi bau amis), pineapple, onion, red bellpepper, hot chilli dan tambahkan maizena atau tapioca untuk pengentalnya.


 

Sementara itu menu terakhir adalah Paella. Bahan yang disiapkan untuk membuat Paella yang delicious rasanya, meliputi onion, garlic, jalapeno, tomato, salad oil, rice, cumin, green peas, beef sausage (di-slice lebih dulu) dan beef bacon diolah jadi satu bersama berasnya.

 

”Pembelajaran seputar pengolahan makanan Amerika dan sekitarnya hingga pertemuan hari kedelapan itu masih menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya,” kata Chef Ari Purwantoro di ruang kerjanya, pekan lalu.


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar