twitter

Pages

Minggu, 29 November 2020

Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Lusiana Kenalkan Teknik Hiasan Karamel Kekinian


Demi Percantik Tampilan Cakes, Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Buat 12 Macam Kreasi Caramel Art

 

SETELAH belajar Teknik Pengolahan Kue Tradisional (Jajan Pasar) selama enam kali tatap muka, giliran sekarang 18-an mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi dan Kelas Siang dikenalkan Teknik Hiasan Karamel (Caramel Art) kekinian oleh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Lusiana di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan membuat 12 resep cakes yang dipercantik dengan sentuhan Caramel Art. Dosen Pengajar Pastry Art itu menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka hiasan karamel dan proses aplikasinya dalam suatu produk pastry.


Pada tatap muka hari pertama, Kamis (19/11/2020), Chef Mei, sapaan akrabnya membekali anak didiknya cara membuat Festive Chocolate Gateau with Toffee, Brandy Snap Cup, Nougat Slice dan Strawberry with Caramel yang cantik dan elegan penampilannya.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Jumat (20/11/2020) pagi, mahasiswa Pastry Art Class kembali diajarkan teknik membuat empat kreasi hiasan Caramel Art yang berbeda, yakni Croquembunce Choux, Charlotte Cheese Toffee, Iced Lemon Cake with Pulled Sugar dan Orange Crème Tartlet with Spun Sugar.


Sementara itu dalam tatap muka hari terakhir, Sabtu (21/11/2020) pagi, Chef Mei bersama anak didiknya praktik membuat empat kreasi hiasan Caramel Art lagi, yakni Vanilla Cupcakes with Almond Tuiles, Sachertorte, Iced Rum Raisin Cake dan Malakoff Cake.


Dalam kesempatan itu, Chef Lusiana juga memberi tips bagaimana memproses gula pasir menjadi karamel yang dipanaskan di atas pan pada suhu tertentu selama 15-20 menitan.


Antusiasme membuat empat kreasi Caramel Art yakni Festive Chocolate Gateau with Toffee, Brandy Snap Cup, Nougat Slice dan Strawberry with Caramel pada praktik hari pertama itu ditunjukkan anak didik Chef Mei maupun Chef Lusiana, sejak mereka –terbagi dalam beberapa kelompok-- berbagi tugas membuat hingga meng-garnish empat kreasi Caramel Art tersebut di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.


Untuk membuat Festive Chocolate Gateau with Toffee, misalnya, mahasiswa mesti menyiapkan pekerjaan pertama membuat Chocolate Sponge, Bahannya terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, cocoa powder, butter (di-melted dulu) dan tambahkan chocolate paste.


Selain menyiapkan Chocolate Sponge, mahasiswa juga diminta untuk membuat Filling-nya. Bahannya sendiri meliputi white margarine, condensed milk, icing sugar dan ditambahkan chocolate paste.


Pekerjaan terakhir sebelum menghias Festive Chocolate Gateau with Toffee adalah menyiapkan caramel yang bahannya terdiri dari sugar dan water. Untuk membuat karamel yang berwarna kecoklatan, butuh perhatian ekstra agar tidak sampai overcook alias kegosongan dengan warna kehitaman.


”Biasanya karamel yang overcook tidak elok untuk hiasan cakes, karena saat memprosesnya ditinggal kerja yang lain. Padahal demi hasil terbaik maka Anda mesti fokus saat memproses gula pasir jadi caramel,” terang Chef Lusiana kepada anak didiknya, Kamis (19/11/2020) siang.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar