twitter

Pages

Rabu, 18 November 2020

Demi Aplikasikan Mata Kuliah Hygiene & Sanitation Perhotelan


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Belajar Sanitasi dan Ditantang Masak Tiga Menu Western Food di Open Kitchen Great Diponegoro Hotel


 

DEMI mengaplikasikan mata kuliah Hygiene & Sanitation Perhotelan yang dibimbing Hardhita Kusdharyanto M.Par., 11 mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit mengadakan kunjungan industri di Great Diponegoro Hotel, untuk belajar Sanitasi Hotel dan praktik masak tiga menu Western Food yang lezat bersama Chef Ridho Wahid S., di Open Kitchen Zhang Restaurant Great Diponegoro Hotel Surabaya, Jumat (06/11/2020) pagi.


Kedatangan rombongan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit pagi itu disambut oleh Head Chef Great Diponegoro Hotel Ridho Wahid S. dan Jafar Risma dari Food & Beverage Service (FBS) Zhang Restaurant. Sebelum memenuhi tantangan Chef Ridho praktik masak tiga menu Western Food, mahasiswa diajak melihat fasilitas Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Great Diponegoro Hotel.


Oleh pihak hotel, rombongan mahasiswa itu kemudian diajak ke ruang Basement sekaligus untuk mendapatkan penjelasan seputar General Sanitation dari Chef Ridho, yang menitikberatkan pada manfaat dari keberadaan fasilitas IPAL dari sebuah industri perhotelan. IPAL di sebuah hotel berbintang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi pengelola hotel demi menciptakan lingkungan hotel yang bersih dan sehat dari aspek sanitation-nya.

Sebelum air limbah dari hotel itu dibuang ke saluran kota, maka limbah cair dari kitchen itu diproses lebih dulu di grease trap –fungsinya untuk menyaring endapan minyak dan lemak— sebelum limbah cair itu diproses lebih lanjjut di fasilutas IPAL, sehingga buangan air dari hotel betul-betul aman bagi lingkungan atau tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Fasilitas IPAL ini mengolah limbah cair hotel dengan sistem biologi tanpa bahan kimia apapun dengan memanfaatkan lumpur bakteri aerob. Hasil dari proses pengolahan limbah industri itu kemudian airnya dialirkan ke sungai (saluran kota) tanpa takut mencemari lingkungan.

 

Pasalnya, sebelum air hasil pengolahan limbah itu dialirkan ke saluran kota, dipantau setiap harinya oleh staf dari Engineering Department dan  sebulan sekali diperiksa oleh tim analis laboratorium dari Dinas Lingkungan Kota Surabaya berdasarkan kadar BOD dan COD-nya.

”Selain dibuang ke saluran kota, air hasil proses pengolahan limbah industri itu juga bisa dimanfaatkan untuk memelihara ikan, menyiram tanaman hias di sekitar area hotel bintang tiga tersebut,” terang Chef Ridho kepada mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.

 

Manfaat sanitasi sendiri antara lain untuk mencegah penyakit menular, mencegah kecelakaan (kerja), mencegah timbulnya bau tak sedap, menghindari pencemaran lingkungan dan menciptakan lingkungan menjadi sehat, bersih dan nyaman.

 

Untuk proses sanitasi, Great Diponegoro Hotel sejak awal berdirinya sudah memanfaatkan suplai air bersih dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya untuk kamar mandi hotel, kitchen maupun public area hotel tersebut. Air bersih dari PDAM dipompa ke rooftop untuk ditandon. Tandon air bersih itu berkapasitas tiga kali lipat dari kebutuhan harian guna mengantisipasi suplai air PDAM mengecil.

Usai belajar singkat Hygiene & Sanitation, enam dari 11 mahasiswa Pastry Art Class, diajak ke Open Kitchen Zhang Restaurant untuk praktik masak tiga menu Western Food bersama Chef Ridho. Tiga menu masakan untuk  makan siang itu adalah Asparagus Soup (Soup), Waffle Potato with Fish Schnitzel & BBQ Sauce (Main Course) dan Brulle (Dessert)-nya.

Sedangkan lima mahasiswa lainnya dikenalkan teknik men-set up meja makan untuk jamuan makan siang resmi yang dikemas ala Table Manner oleh Jafar Risma dari Food & Beverage Service (FBS) Zhang Restaurant.  Acara bertajuk Cooking Practice with Chef Ridho itu diapresiasi oleh mahasiswa Pastry Art Class, karena kegiatan itu diyakini bisa menambah ketrampilan mereka saat bekerja di kitchen.

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Graha Tristar maupun di luar kampus, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar