twitter

Pages

Selasa, 03 November 2020

Asyiknya Mahasiswa Belajar Buat Kreasi Pie & Tartlet di Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Tampilkan Open Apple Pie with Raisin, Dark Cheery Pie, Onion Spinach Cheese Flan dan Egg Tartlet yang Berkelas Tampilannya  

 

PADA pertemuan hari kedua, Senin (02/11/2020) pagi, 10 mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi yang dibimbing Chef Lusiana, kembali praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet, yakni Open Apple Pie with Raisin, Dark Cheery Pie, Onion Spinach Cheese Flan dan Egg Tartlet yang cantik, menarik dan berkelas tampilannya, di Laboratorium Praktik Patisserie (P1), Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
 


Praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet merupakan rangkaian kegiatan mahasiswa Pastry Art Class praktik di Kitchen Patisserie Graha Tristar, setelah mereka sebelumnya juga diajarkan membuat empat resep Pie & Tarlet, yakni Apple Pie, Quice Mushroom Pie, Cocktail Tartlet dan Lemon Tartlet.
 

Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 10 mahasiswa itu dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing beranggotakan dua orang. Mereka diminta membuat kreasi Pie & Tartlet sesuai arahan dari Chef Lusi, sapaan karibnya.

Praktik membuat empat kreasi Pie & Tartlet itu diapresiasi mahasiswa Pastry Art Class yang  antusias mengikuti proses pembuatannya sejak prepare bahan, proses membuat pie dough atau sugar dough, lalu menyiapkan filling-nya.

Saat membuat Open Apple Pie with Raisin, misalnya, ada dua tahapan pekerjaan yang harus ditempuh. Pekerjaan pertama membuat Pie Dough (Sugar Dough). Bahannya terdiri dari margarine, butter, icing sugar, medium flour (segitiga biru), milk powder, egg dan vanilla paste.

Sedangkan pekerjaan kedua membuat Creme d’ Amade-nya dari smoke beef (dipotong model julienne), fresh mushroom (diiris slice), onion, butter, fresh milk dihangatkan, telur, pepper, salt, tomato cherry segar dan satu bunch curly lettuce untuk meng-garnish agar tampilannya menarik. Sementara itu untuk filling-nya sendiri berupa irisan apple fresh dan raisin.



Adonan Open Apple Pie with Raisin yang sudah dimasukkan pie form itu kemudian di-oven pada suhu 180*C selama 30-35 menitan hingga matang sempurna. Selanjutnya pie yang sudah di-garnish  dengan irisan buah apel dan raisin sehingga menjadi sebuah tampilan yang cantik dan menarik, saat Open Apple Pie with Raisin itu ditata dan disajikan di atas meja.

Kelompok mahasiswa berikutnya, kebagian tugas membuat Onion Spinach Cheese Flan yang berasa gurih (savoury). Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mereka berbagi tugas membuat Pie Dough dan menyiapkan Filling-nya  berikut bahan untuk garnish-nya.

Untuk membuat Pie Dough, bahan yang disiapkan antara lain bread flour (cakra kembar), butter dan egg. Adonan Pie Dough itu lalu dicetak pada pie form (tartlet form), sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menit.

Selain menyiapkan Pie Dough, mahasiswa juga membuat Filling-nya berupa onion, butter (di-melted lebih dulu), cheddar cheese (di-grated lebih dulu), green spinach fresh, milk, egg, salt & pepper.

Di samping praktik membuat Open Apple Pie with Raisin dan Onion Spinach Cheese Flan, mahasiswa Pastry Art Class yang diasuh Chef Lusi juga ditugasi membuat Dark Cheery Pie dan Egg Tartlet yang enak. Semua hasil kreasi mahasiswa itu di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik dan menarik, sebelum didokumentasikan dan di-up load di Website, Instagram (IG) dan Facebook jaringan Kampus Tristar Group. 

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Selasa (03/11/2020) pagi, Chef Lusiana kembali berbagi cara membuat empat resep Pie & Tartlet kekinian, yakni Prunes Pie with Almond, Mandarin Cream Tartlet, Salami Vegetable Pie dan Pumpkin Pie. Materi praktik 12 resep Pie & Tartlet itu sudah tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar