twitter

Pages

Minggu, 25 Oktober 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Pastry Art Class Praktik di Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi Diajarkan Buat Date Nut Bread, Prune Drop Scone, Banana Bread dan Old Fashion Pound Cake

 

 

 

MAHASISWA Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati kembali belajar cara pengolahan Cupcakes, Muffins dan Quick Breads. Pada pertemuan Kamis (15/10/2020) pagi, 12 mahasiswa diajarkan membuat Date Nut Bread, Prune Drop Scone, Banana Bread dan Old Fashion Pound Cake.

 

Praktik membuat Date Nut Bread, Prune Drop Scone, Banana Bread dan Old Fashion Pound Cake yang superenak bersama Chef Mei dan asistennya Chef Lusiana dilakukan di Laboratorium Praktik Pastry 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sementara itu 12 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu adalah Ameliana Sunyoto, Kamajaya Adiwida Patriot, Jonathan Adam Williamson, Fabian Soetandio, Sisilia Tifen, Vina Priscilla Leonard, Steven Leonardo, Richard Barnes F., Claudia Nicole Halim, Frenita Jehavah Nissi, Riifdah Shoffiya A dan Catherine Elizabeth.

 


Menurut Chef Mei, demi membuat Date Nut Bread yang enak, misalnya, maka bahan yang dibutuhkan antara lain butter, margarine, icing sugar, vanilla paste, egg, cake flour (kunci biru), milk powder, baking powder, date (kurma), cashewnut dan ditambahkan 100 gram dextrose.

 

Sebelum  di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menit, adonan Date Nut Bread yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian ditaruh.dalam oval mound,” terang Chef Dwi Mei Retnowati kepada anak didiknya.

 

Selanjutnya untuk membuat Prune Drop Scone, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi diminta menyiapkan bahan seperti medium flour (segitiga), cake flour (kunci biru), sugar, salt, baking powder, butter milk creamy, egg, fresh milk dan prune.

 

Untuk memasaknya hingga matang, adonan Prune Drop Scone yang sudah disiapkan sebelumnya diletakkan wadah persegi berukuran 10x20 cm2, kemudian adonan tersebut di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

Sedangkan mahasiswa Pastry Art yang lain diminta membuat Banana Bread dan Old Fashion Pound Cake, sesuai job desk-nya masing-masing. Jika empat kreasi Quick Breads tersebut sudah matang (diangkat dari mesin oven), lalu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas, sebelum disajikan di atas meja uji.

 

Hasil kreasi mahasiswa itu kemudian dikritisi oleh Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit, dari aspek penampilan (kreativitas), tekstur dan cita rasanya. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard Operation & Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan dalam industri perhotelan.

 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar