twitter

Pages

Senin, 05 Oktober 2020

Dari Kehebohan Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar

Enam Mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi Tampilkan Enam Kreasi Masakan Kekinian

 

GILIRAN pada ujian praktik masak hari kedua, Selasa (29/09/2020) siang, enam mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi menampilkan enam kreasi masakan kekinian, yang memadukan antara resep masakan Western Food (Continental Cuisines) dan Asian Cuisines yang lezat. Ujian praktik masak itu sendiri digelar di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

 

Enam mahasiswa Culinary Art yang tampil kali kedua pada final exam hari Selasa (29/09/2020) siang adalah Naufal Naldy, Rosy Septia Abidah, Erika Putri, Aditya Bagus Purnomo, Anisha NurIndah Eka Nugraeni dan Sandi Indra Lesmana.

 

Naufal Naldy tampil percaya diri saat menyiapkan masakan unggulannya yang bertajuk Chicken Katsu Sambal Matah with Cous-Cous & Mix Vegetables, sedangkan Rosy Septi Abidah membuat Buffalo Chicken Wings with Yellow Sweet Potato Quenelle & Brocolli.

 

Sementara itu Erika Putri tampil all out saat membuat masakan andalannya yang bertema Grilled of Redsnapper Served with Mash Sweet Potato & Waldorf Salad yang cantik penampilannya.

 

Selanjutnya Aditya Bagus Purnomo prepare di kitchen culinary Graha Tristar demi membuat menu masakan kekinian yang berjudul Chicken Salted Egg with Fried Rice & Sauted Bok Coy.

 

Sedangkan Anisha Nurindah Eka Nugraeni juga tampil luar biasa demi membuat menu masakan kegemarannya, yakni Grilled Honey Lemon Chicken Served with Crouquette & Coleslaw

 

Giliran berikutnya yang tampil adalah Sandi Indra Lesmana. Sandi sapaan akrabnya, siang itu harus bekerja keras di kitchen culinary Graha Tristar demi membuat masakan kesukaannya yang bertajuk Sweet Sour Fish & Sauted Vegetables

 

Enam kreasi masakan kekinian yang ditampilkan oleh anak didik Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., itu diapresiasi oleh tim juri yang terdiri dari Chef Rachma Nur Devianti STP., Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar dan Dewi Mariyanah M.Par.

 

Demi mempercantik tampilan kreasi masakannya yang bertajuk Grilled of Redsnapper Served with Mash Sweet Potato & Waldorf Salad, Erika Putri sebetulnya ingin mencari bahan ubi ungu, namun karena di pasaran sudah didapat, maka sebagai penggantinya ia memanfaatkan ubi biasa (sweet potato).

 

”Ini salah satu kendala yang saya hadapi sebelum H-1 final exam. Pepatah bilang tiada rotan akar pun adi, sehingga saya optimistis ujian praktik nanti hasilnya tetap memuaskan,” kata mahasiswi berhijab tersebut, akhir September 2020.

 



Sementara itu menurut Chef Endang Sri Rahajoe, sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class, yang memadukan antara Continental Cuisines dan Asian Cuisines selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya. 

 


 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi untuk bekal magang kerja di industri perhotelan,” cetus Chef Endang, seusai penjurian di Laboratorium Praktik Culinary (C2), Lantai 3 Graha Tristar, kemarin.

 

Dalam kesempatan terpisah seusai penjurian, Chef Nadya Ratri Aryani kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, terutama teknik pengolahan masakan, baik Western Food (Continental Cuisines) dan Asian Cuisines yang baru saja ditampilkan di meja uji.

 


Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingat kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak (under cooking).

 

”Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam,” ujarnya mengingatkan.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 


































































 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar