twitter

Pages

Sabtu, 31 Oktober 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Cooking Practical with Chef Joko & Chef Jonathan



Kolaborasi Apik Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator dan Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Praktik Masak Satu Set Menu di Food University Bistro


SEBANYAK 22 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator dan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar berkolaborasi untuk memenuhi tantangan Chef Joko Aryo Handoko dan Chef Mario Alvin Jonathan dari Food University Bistro (FUB), praktik masak satu set menu lengkap bertajuk Indonesian Traditional Food di Kitchen FUB, Senin (26/10/2020) siang.


Hasil masakan mahasiswa Tristar Group itu nantinya akan disajikan dalam acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet) di Food University Bistro yang baru saja menggelar soft opening di Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya pada 17 Agustus 2020 lalu.

Kedatangan rombongan mahasiswa itu di dampingi Dosen Pengajar Housekeeping Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Dua orang kru Multimedia dari Tristar Group juga hadir untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan acara Cooking Practical with Chef di Food University Bistro.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri mahasiswa Tristar Group ini untuk meningkatkan passion mahasiswa yang kelak ingin menekuni culinary business (café & resto) atau berkarier di kitchen sebuah hotel berbintang

Mereka juga dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem kerja di kitchen itu butuh kedisiplinan, effort kerja yang tinggi, bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Sebelum mengikuti gelaran Cooking Practical with Chef Joko dan Chef Jonathan, mahasiswa diterangkan secara singkat menu berikut bahan-bahannya apa saja yang akan dimasak, mulai Appetizer, Soup, Main Course hingga Dessert-nya.

Dasar-dasar Hygiene & Sanitation yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan juga diingatkan kepada kepada mahasiswa. Oleh karena itu, pihak FUB pun menekankan bagaimana pentingnya aspek Hygiene & Sanitation karena yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.

Tidak salah jika Pengelola FUB juga sangat memperhatikan aspek Hygiene & Sanitation. Penanganan limbah cair dari kitchen pun diupayakan tidak sampai mencemari lingkungan sekitar karena semua itu dipantau oleh tim dari Dinkes Kota Surabaya.

Di masa New Normal seperti sekarang ini, misalnya, penerapan Protocol Kesehatan seperti penggunaan masker, face shield, hand sanitizer, hand clove (sarung tangan), personal hygiene (topi, baju dan sepatu chef) wajib dikenakan saat bekerja di kitchen FUB.

Oleh karena itu dalam pengarahan singkatnya, Chef Joko maupun Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan mengajak mahasiswa Tristar Group untuk fokus bekerja di kitchen sesuai job desk-nya masing-masing dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Selama bekerja di kitchen tidak boleh bicara sendiri-sendiri apalagi guyon, mahasiswa juga diminta tidak malu bertanya kepada chef on duty, disiplin mengatur waktu dan memperhatikan aspek hygiene & sanitation dengan memakai masker, face shield, sarung tangan, menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak (physical distancing).

Sesuai arahan Chef Joko, 11 mahasiswa Culinary Art Tristar Samator ditugaskan di kitchen FUB untuk praktik masak Sayur Asem Jakarta + Ikan Asin (Soup) dan menyiapkan Main-Course-nya juga.  

Menu utama itu meliputi Nasi Putih, Nasi Goreng Jawaq, Mie Goreng Jawa, Ayam Tangkap, Dori Sambal Matah, Tahu Tempe Goreng, berikut condiment-nya yakni Sambal Terasi, Sambal Colo-Colo, Sambal Matah dan Sambal Hijau + Krupuk.

Sementara itu 11 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar yang siang itu di dampingi Chef Jo kebagian tugas membuat Lumpia Semarang (Appetizer) dan Es Manado (Dessert). Mereka juga diajarkan Chef Lusiana dari FUB, bagaimana cara men-set up meja untuk menata hasil masakan yang tengah disiapkan kru kitchen agar tampak artistik penampilannya.

Di sela-sela mendampingi mahasiswa praktik masak di kitchen FUB, Chef Joko tidak pelit berbagi ilmu cara mengoperasikan kompor Wok sekaligus memberi tips bagaimana memainkan api kecil, sedang hingga api besar (tekanan maksimal) tapi Nasi Goreng Jawa dan Mie Goreng Jawa-nya bisa masak sempurna dan masakannya tidak sampai over cook atau sebaliknya under cook.

Sedangkan Dosen Pengajar Housekeeping Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengajak anak didiknya untuk betul-betul memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena acara Cooking Practical with Chef ini bertujuan untuk mempertajam passion Anda di bidang culinary business.

”Selain praktik masak di Food University Bistro, saya juga mengagendakan untuk mengikuti tantangan masak di sejumlah hotel berbintang. Pengalaman berbeda ini besar manfaatnya buat Anda setelah lulus kuliah nanti,” pungkasnya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar