twitter

Pages

Kamis, 29 Oktober 2020

Dari Acara Kunjungan Industri Mahasiswa di Varna Culture Hotel Soerabaia


Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Making Bed & Masak Satu Set Menu Buffet Dinner


SEBANYAK 26 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Art dan Pastry Art (dari dua kelas), praktik Making Bed (Housekeeping) dan masak satu set menu lengkap untuk acara jamuan makan malam (Buffet Dinner) sesuai Standar Industri Perhotelan di Kitchen Varna Culture Hotel Soerabaia Jl. Tunjungan No. 51 Genteng, Surabaya, Senin (19/10-2020) sore.


Rombongan mahasiswa Perhotelan Akpar Majapahit itu di dampingi Dosen Pengajar Housekeeping Agoes Soedarsono M.Par dan Kaprodi Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Kedatangan rombongan mahasiswa sore itu disambut Executive Chef Varna Hotel Chef Sulistiawan dan Rissa, Sales Manager (SM) di lobi hotel bintang tiga tersebut.

Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini selain untuk  memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Housekeeping di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan, juga menyukseskan gelaran acara Cooking Practice with Chef.

Mahasiswa tampil penuh percaya diri saat ditantang masak satu set menu makan malam ala prasmanan (Buffet Dinner) oleh Executive Chef Varna Culture Hotel Soerabaia, Chef Sulistiawan.

Sebelum praktik masak di hot kitchen hotel tersebut, mahasiswa diberi pengarahan sekitar lima menitan oleh Chef Sulis, sapaan akrabnya, terkait mengoperasian alat masak terutama kompor Wok dan sejumlah peralatan berikut bahan-bahan masakan yang telah disiapkan sebelumnya oleh kru kitchen.

Sesuai arahan Chef Sulis, 13 mahasiswa Pastry Art (Kelompok 1) ditugaskan di kitchen Varna Hotel untuk praktik masak Pecel dan Vegetables Salad (Appetizer), Sup Asparagus (Soup), Steamed Rice (Nasi Putih), Nasi Goreng Jawa, Kweetiau Goreng, Pok Cay Garlic, Ayam Saus Inggris, Potato Wedges, Urap-Urap Tumis, Tempe Mendoan dan Krupuk + aneka Sambal (Condiment) dan Sauce (Main Course).

Sedangkan untuk Dessert-nya sendiri, terdiri dari Mineral Water, Tea Ice, White Coffee, Slice Fruits, Bakery dan Bubur Sereal. Selama praktik masak di kitchen Varna Hotel, mahasiswa juga diajarkan teknik memotong sayur, buah dan daging (termasuk ikan) sesuai standar industri perhotelan. Mereka juga dikenalkan 10-an resep masakan yang akan dibuat.

Sedangkan 13 mahasiswa Culinary Art (Kelompok 2) diajak Sales Manager Varna Hotel Rissa untuk showing room di lantai dua dan belajar Basic Housekeeping sekaligus praktik Making Bed di 218 Room, dengan dipandu langsung oleh Muhammad Ali dari Housekeeping Service Section Varna Hotel.

Sekitar 30 menitan mahasiswa praktik Making Bed, selanjutnya mereka diarahkan untuk mengikuti acara inti yakni Cooking Practice with Chef Sulistiawan, sesuai passion masing-masing mahasiswa yang saat ini belajar Culinary Art maupun Pastry Art.

Sementara itu, pada 13 mahasiswa Pastry Art baru diajarkan cara Making Bed, setelah praktik masak di kitchen Varna Hotel, sedangkan 13 mahasiswa Culinary Art baru tampil di kitchen, untuk melanjutkan pekerjaan mahasiswa Pastry Art yang belum selesai, yakni masak Pok Cay Garlic dan Ayam Saus Inggris.

Di sela mendampingi anak didiknya praktik, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, kunjungan industri untuk belajar secara langsung teknik Making Bed dan mengikuti Cooking Practice with Chef seperti ini merupakan terobosan cerdas demi mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja khususnya pelaku di industri perhotelan.

”Kami juga ingin anak didiknya tahu persis kondisi kitchen di masing-masing hotel. Tidak semua hotel itu kitchen-nya besar. Meski kitchen-nya tidak terlalu luas, tapi pengoperasikan kitchen itu efisien dan efektif untuk melayani tamu hotel maupun saat meng-handle invitasi seperti pesta pernikahan atau ulang tahun,” katanya.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar