twitter

Pages

Jumat, 30 Oktober 2020

Memotret Keseruan Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma


Mahasiswa Baru Culinary Art (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan Chilli Sauce Premium


 

HARI pertama masuk kuliah, Senin (26/10/2020) pagi, 10 orang mahasiswa baru Culinary Art (C1) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, diajarkan teknik membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce) bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti STP., M,MPar.

 

10 mahasiswa baru Culinary Art yang hadir pagi itu adalah Wahyu Dewi Setyowati, Ellen Nylawati, Fathia Khotrunnada, Nauval Maulana, Amanda Caroline Margharetha, Kresna Satria Wiguna, Nur Tias Pandan Arum, Ananda Fachrur Lintang Pratama, Muh. Faishal Dzakyraihan dan Muhammad Bilal Nugraha.


 

Mereka tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat Saus Pedas Premium dengan sentuhan Food Technology yang diajarkan Chef Rachma Nur Devianti. Acara cooking demo itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Senin (26/10/2020) pagi.

 

Dalam empat pekan ke depan, mahasiswa Culinary Art selain diajarkan cara membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce) dan aplikasinya, juga dibekali teknik membuat Fish Nugget, Bumbu Pecel Instan dan Pengolahan Tepung Jamur Crispy.


 

Sementara itu dalam praktik membuat Saus Pedas Premium  ini lebih menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Surabaya. Sehingga, mahasiswa punya gambaran konkret jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri di rumah.

 

Selain itu, Chef Rachma juga menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Saus Pedas Premium, produk olahan dari cabai rawit (hot chilli), cabai merah besar (red chilli) yang masih segar, sedikit pasta tomat (tomato paste) dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan pendekatan Food Technology.


 

Selanjutnya Chef Rachma, sapaan akrabnya, mengajarkan cara membuat Saus Pedas Premium yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Saus Pedas Premium kepada 10 mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.


 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Pedas Premium (Chilli Sauce) adalah tomato paste, red chilli, hot chilli, salt, sugar, Modified Starch Sauce (MSS), cuka 25 persen, Sodium Benzoat (pengawet makanan), antioksidan, MSG, garlic powder, water  dan food color red.


 

Teknik membuatnya, red chilli dan hot chilli di-blender lebih dulu sampai halus. Cabai yang sudah dihaluskan itu dicampur jadi satu dengan tomato paste, sugar dan water untuk dimasak sampai larut dengan air sedikit demi sedikit. Selanjutnya tambahkan salt, antioksidan, garlic powder dan MSG ke dalam olahan Chilli Sauce, barulah Sodium Benzoat dan MSS-nya yang giliran dimasukkan.


 

Pekerjaan terakhir sebelum Saus Pedas Premium (sudah didinginkan lebih dulu) diwadahi botol plastik, maka cuka 25 persen dimasukkan ke dalam Saus Pedas Premium yang masih dalam keadaan hangat kemudian diaduk sampai rata.


Sementara itu untuk mengaplikasikannya dalam penyajian makanan, maka mahasiswa diminta menggoreng kentang (fried fries) sampai matang sempurna, yang ditandai warnanya kuning kecoklatan. Sedangkan mahasiswa yang lain diminta membuat thousand island (campuran antara mayonnaise dan tomato sauce) sendiri atau cukup menyiapkan mayonnaise dan Chilli Sauce saja.


 

”Saya juga menugaskan mahasiswa untuk mem-plating hasil olahan Chilli Sauce, mayonnaise dan kentang goreng dalam satu wadah agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas ketika didokumentasikan,” tandas Dosen Pengajar Food Technology dengan hijab di kepala tersebut.


 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar