twitter

Pages

Jumat, 16 Oktober 2020

Memotret Kehebohan Mahasiswa Culinary Art pada Gelaran Cooking Demo di Graha Tristar

 

Dari Laboratorium Praktik Graha Tristar, Chef Mario Alvin Jonathan Tampilkan Beef Potato Spuds yang Yummy

 

DARI Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group Chef Mario Alvin Jonathan menampilkan Beef Potato Spuds yang yummy (lezat) rasanya, pada gelaran demo masak American Cuisine yang dihelat Senin (12/10/2020) siang.

 

Dermo masak siang itu semakin heboh dengan hadirnya lima dari 10 mahasiswa Culinary Art (C2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Siang. Mahasiswa yang hadir adalah Nur Setyowati, Faradila Rizky Paramitha, Kamila, Luciana Wijaya dan Sem Kisendio Kristyaputra. Mereka kompak meramaikan gelaran showmanship bertajuk Beef Potato Spuds.

 

Sebelum demo, Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan mengungkapkan bahwa resep masak Beef Potato Spuds itu tidak ada di Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan kepada mahasiswa. Sehingga, anak didiknya  diminta mencatat resepnya dari A sampai Z, agar nantinya mereka bisa mempraktikkannya sendiri di rumah.

 


Pembelajaran seputar pengolahan makanan Amerika itu lanjut Chef Jo, menekankan pada bagaimana mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya.

 

”Selain itu, mahasiswa juga kami kenalkan berbagai macam makanan yang berasal dari Amerika dan sekitarnya seperti American Pizza, Beef Potato Soup, Beef Stew, Hamburger (American Burger), Hot Dog dan yang lain seperti yang ada di Buku Ajar (Silabus),” tandas Chef Jo kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

 

Untuk masak Beef Potato Spuds sendiri, bahan-bahan masakan yang dibutuhkan antara lain potato ukuran medium, ground beef, smoked beef, mix vegetables, cream cheese, melt cheese, porsky (di-chop), salt & pepper, onion (di-dice), chilli powder, paprika powder, dan olive oil.

 

Pekerjaan pertama, kentang yang masih ada kotoran berupa tanah di permukaan kulitnya dibersihkan lebih dulu, kemudian dibelah jadi dua bagian, sebelum dikukus selama 30-45 menit hingga matang.

 

Selanjutnya menyiapkan bumbu dan bahan-bahan yang lain seperti potato, ground beef, smoked beef, mix vegetables, cream cheese, melt cheese, porsky, onion, chilli powder, paprika powder dan olive oil serta salt & pepper diaduk sampai rata untuk membuat filling-nya.

 

Kentang yang sudah dikukus diambil isi (daging)-nya dan diganti dengan filling baru yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu kentang yang sudah di-filling ditaburi mozzarella cheese untuk mengikat agar filling tidak berantakan saat di-bake di dalam mesin oven pada suhu 180-190*C selama 15 menitan.

 

”Setelah proses pengovenan barulah Beef Potato Spuds itu diangkat dan di-plating lebih dulu agar tampilannya cantik, menarik dan elegan saat dihidangkan di atas meja Dalam demo kali ini kami minta mahasiswa menampilkan kreasi plating-an yang bisa bikin heboh,” terang Chef Jo, di sela acara cooking demo kemarin.

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar