twitter

Pages

Rabu, 14 Oktober 2020

Memotret Keseruan Mahasiswa Pastry Art Praktik Food Technology Bersama Chef Rachma

Mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan Saus Tomat Premium

 

HARI pertama masuk kuliah, Senin (12/10/2020) pagi, dari 12 mahasiswa Pastry Art (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi, yang hadir hanya lima orang. Namun mereka tetap tampil all out ketika belajar cara membuat Saus Tomat Premium bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications Tristar Group, Chef Rachma Nur Devianti STP., M,MPar.

 

Mereka tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat Saus Tomat Premium. Teknik masak dengan sentuhan Food Technology yang diajarkan Chef Rachma Nur Devianti. Acara cooking demo itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Senin (12/10/2020) pagi. 

 

Dalam empat pekan ke depan, mahasiswa Pastry Art selain diajarkan cara membuat Saus Tomat Premium dan aplikasinya, juga dibekali teknik membuat minuman dari Olahan Sari Buah (Lychee atau Mango), Strawberry Jam (Selai Strawberry) dan Monster Fries (Long Potatoes) yang memanfaatkan tepung kentang sebagai bahan utamanya.

 

Sementara itu dalam praktik membuat Saus Tomat Premium  ini lebih menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya. Sehingga, mahasiswa punya gambaran konkret jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri di rumah.

 

Selain itu, Chef Rachma juga menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Saus Tomat Premium, produk olahan dari buah tomat segar atau bisa juga memanfaatkan 100 persen pasta tomat (tomato paste) dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan pendekatan Food Technology.

 

Selanjutnya Chef Rachma mengajarkan cara membuat Saus Tomat Premium yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Saus Tomat Premium kepada lima mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Saus Tomat Premium adalah tomato paste, salt, sugar, MSG, cinnamon powder, Modified Starch Sauce (MSS), vinegar 25 persen, water  dan food color red.

 

Teknik membuatnya, tomato paste, sugar dan water dimasak sampai larut dengan air sedikit demi sedikit. Selanjutnya tambahkan salt, cinnamon powder dan MSG ke dalam olahan tomato paste, barulah MSS-nya yang giliran dimasukkan.

 

Pekerjaan terakhir sebelum saus tomat (sudah didinginkan lebih dulu) diwadahi botol plastik, maka vinegar 25 persen dimasukkan ke dalam saus tomat yang masih dalam keadaan hangat kemudian diaduk sampai rata.

 

Sementara itu untuk mengaplikasikannya dalam penyajian makanan, maka mahasiswa diminta menggoreng kentang (fried fries) sampai matang sempurna, yang ditandai warnanya kuning kecoklatan saat kentang itu dientas dari penggorengan.

 

”Dalam kesempatan itu, saya juga meminta mahasiswa untuk mem-plating hasil olahan saus tomat dan kentang goreng dalam satu wadah agar tampilannya cantik, menarik dan elegan,” pungkas Dosen Pengajar Food Technology ini.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)




















 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar