twitter

Pages

Kamis, 29 Oktober 2020

Dari Agenda Kunjungan Industri Mahasiswa di Grand Darmo Suite Hotel Surabaya



Demi Aplikasikan Mata Kuliah Banquet, Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Ditantang Masak Satu Set Menu ala Grand Darmo Suite Hotel Surabaya


DEMI mengaplikasikan mata kuliah Banquet & Service Hotel, sekitar 26-an mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Art, praktik Banquet & Service Hotel sesuai Standar Industri Perhotelan di Angling Darmo Restaurant Lantai 2 Grand Darmo Suite Hotel Surabaya, Senin (19/10/2020) pagi bersama Dosen Pengajar Banquet & Service Hotel Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Oleh Head Chef Grand Darmo Suite Hotel Chef Dita, mahasiswa ditantang masak satu set menu makan siang (lunch) ala Grand Darmo. Menu makan siang itu dihidangkan untuk acara Jamuan Makan Siang Prasmanan (Lunch Buffet) di sebuah hotel berbintang.


Tantangan dari Chef Dita itu terlontar pada saat mem-briefing mahasiswa sebelum mereka dipersilakan masuk kitchen. Pada saat pengarahan langsung oleh Chef Dita itu juga dihadiri FB Service Grand Darmo Arnando Beni, Sales & Marketing  Grand Darmo Sinu Ika Putra dan Dosen Pengajar Banquet & Service Hotel Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par.


Sesuai arahan Chef Dita, 10 mahasiswa ditugaskan di Hot Kitchen untuk praktik masak Appetizer (Fruit Salad), Soup (Sup Ayam Klaten) dan Main Couse (Nasi Putih, Nasi Goreng Hongkong, Bakmi Goreng Sosis, Kailan Sautee Garlic dan Dori Sambal Dabu-Dabu) lengkap dengan condiment-nya berupa aneka sambal dan sauce.

Sedangkan enam mahasiswa lainnya praktik membuat Stall (Rujak Manis) dan Dessert (Es Oyen, Pudding, Slice Fruits, Brownies) di Cold Kitchen Rama-Rama Café & Resto Grand Darmo Suite Hotel Surabaya.

Mengingat acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet) ini waktunya masih dua jam lagi, maka manajemen masaknya pun harus disesuaikan dengan standar kerja di kitchen hotel, yakni sekitar 90 menitan, sebelum masakan itu disajikan satu persatu kepada tamu hotel.

Jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet) tersebut, hasil masakannya ditata lebih dulu di tempat yang telah disediakan di area prasmanan, tepatnya di Angling Darmo Restaurant.

Untuk memudahkan set up meja dan penyajian makannya, maka Arnando Beni dari FB Service Grand Darmo Suite Hotel Surabaya, mengajak 10 mahasiswa yang tidak bekerja di kitchen, untuk praktik set up meja dan tata hidang makanan di Angling Darmo Restaurant.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga dibekali pengetahuan seperti teknik melipat celemek (napkin), men-set up meja makan ala Indonesia, European Style dan American Style, agar tampilan ruangan untuk acara jamuan makan siang tersebut semakin cantik, menarik dan berkelas tentunya.

”Demi menyukseskan kegiatan mahasiswa ini kami sengaja menyiapkan tampilan sebuah acara jamuan makan siang prasmanan ala Grand Darmo yang mewah dan berkelas,” tambah Sinu Ika Putra, Sales & Marketing Grand Darmo Suite Hotel kepada kru www.culinarynews.info. 

Di sela mendampingi anak didiknya praktik masak di kitchen Angling Darmo Restaurant Grand Darmo Suite Hotel, Dosen Pengajar Banquet & Service Hotel Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, program pembelajaran Banquet & Service Hotel seperti  ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen pengajar selama materi perkuliahan tersebut dipresentasikan di ruang kelas.

”Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Banquet & Service Hotel di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan di masa New Normal,” terangnya.

Sebelum praktik masak di kitchen hotel, 26 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry Art (dari dua kelas) tersebut dibekali pengetahuan praktis seputar Banquet & Service Hotel oleh Cluster FB Manager Grand Darmo Suite Hotel, Imanda Bagus di Ken Arok Room.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar