twitter

Pages

Jumat, 23 Oktober 2020

Serunya Melihat Mahasiswa Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Graha Tristar

 

Sautee Vegetable, William Potato & Beef Stew Persembahan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas Pagi

 


MAHASISWA Culinary Art (C2) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, mempersembahkan Sautee Vegetable, William Potato dan Beef Stew yang lezat dengan cita rasa bumbunya betul-betul Amerika banget, usai praktik masak tiga menu American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (15/10/2020) pagi.

 

Menurut Chef Nadya, sapaan akrab Nadya Ratri Aryani, bahan untuk masak Sautee Vegetable sendiri terdiri dari carrot, snow peas, onion di-wedges, tomato cherry, broccoli, pinch of herbs & salt. Oseng-oseng sayur ini cukup dimasak sebentar saja, sebelum disajikan di atas mangkok atau piring.

 

Pekerjaan berikutnya adalah masak William Potato. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat William Potato meliputi potato (di-steam) lebih dulu, cream, butter, eggs dan flour, sedangkan untuk membuat breadded-nya butuh bahan seperti flour, egg dan breadcrumb (remahan roti tawar).

 

Terakhir membuat Beef Stew yang empuk tekstur daging sapinya. Untuk masak Beef Stew, maka bahan yang wajib disiapkan antara lain beef, oil, onion, garlic (di-chop), flour, tomato paste, brown stock (kaldu daging sapi), bay leaf dan thyme.

 

Sesuai arahan dari Chef Nadya, hasil masakan tersebut di-plating lebih sesuai nama menunya-masing-masing agar tampilannya cantik dan menarik, sebelum disajikan di atas meja uji untuk dikritisi dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya.

 

”Tiga kriteria penilaian ini biasa diaplikasikan dalam industri perhotelan,” kata Chef Nadya di hadapan anak didiknya, seusai praktik masak American Cuisines di Kitchen Culinary Lantai 3 Graha Tristar, pekan lalu.

 

Selain diajarkan membuat Sautee Vegetable, William Potato dan Beef Stew yang daging ayamnya masak sempurna sehingga masakan itu bercita rasa tinggi, mahasiswa Culinary Art Class juga telah dibekali beberapa menu spesial American Cuisines di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar.

 

Pada pertemuan hari pertama, Senin (12/10/2020) lalu, misalnya, mahasiswa Culinary Art kompak mengikuti gelaran demo masak Beef Potato Spuds. Di sela acara cooking demo (showmanship) tersebut, mahasiswa juga dikenalkan pengertian tentang daging dan komposisinya. 

 

Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (13/10/2020) pagi, Chef Nadya berbagi ilmu dengan anak didiknya seputar cara memilih, memasak dan meng-handling daging. Mereka juga diajarkan teknik masak membuat Potato Cake, South of the Border Baked Chicken dan Broccoli in Bernaise Gratine.yang enak.

 

Sedangkan pada pertemuan hari ketiga, Rabu (14/10/2020), Chef Nadya kembali sharing ilmu dengan anak didiknya teknik masak tiga menu masakan Amerika yang lain seperti Hamburger with Condiment, Coleslaw dan Country Potato.

 

Pada tatap muka hari berikutnya, Jumat (16/10/2020), Chef Nadya Ratri Aryani mengajarkan anak didiknya teknik masak Beef Potato Soup, American Pizza dan membuat Tomato Sauce. Sedangkan pada Sabtu (17/10/2020), mahasiswa Culinary Art Class praktik masak Garoupa with BBQ Sauce, Ensalada de Nacho Buena dan Fujitas (The Tortilla dan Tomato Salsa).

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar