twitter

Pages

Sabtu, 31 Oktober 2020

Memotret Keseruan Mahasiswa Pastry Art Class Praktik di Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan Empat Kreasi Cupcakes Kekinian yang Cantik

 

PADA tatap muka hari kedua, Selasa (27/10/2020) pagi,  mahasiswa Pastry Art (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Lusiana kembali diajarkan teknik pengolahan Cupcakes, Muffins dan Quick Breads. Namun dalam praktik kali ini, mahasiswa diajarkan membuat empat kreasi Cupcakes kekinian di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada pertemuan hari kedua itu, Chef Lusi, sapaan akrabnya, berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep Cupcakes yakni Chocolate Fudge Cupcakes, Surprise Cupcakes, Choco Orange Cupcakes dan Carrot & Orange Cupcakes.


 

Praktik hari kedua itu diikuti 12 mahasiswa Pastry Art (P1) Kelas Pagi. Mereka yang hadir pagi itu adalah Leni Meliana Diska, Ange Lianawati, Grace Nuela Angger Naftali, Adam Krisna Wijaya, Siti Monalisa, Rulita Misbah Utoyibah, Yohana Rimba Gemintang, Shinta Nuriyah, Zoraida Intan Fajar, M. Farhan Firzatullah, Nathan Widjaja Kusuma dan Ignatius Krisna Saputra W.

Menurut Chef Lusi demi membuat Chocolate Fudge Cupcakes yang enak, maka bahan yang dibutuhkan antara lain butter, icing sugar, chocolate paste, rum bakar paste, egg yolk, egg, milk powder, medium flour (segitiga) dan baking powder.


Sementara itu untuk membuat topping-nya, bahan yang disiapkan adalah chocolate dark compound dan fresh milk. Untuk garnish-nya sendiri bahannya meliputi chocolate white compound dan red cherry. Pada saat praktik membuat Chocolate Fudge Cupcakes diperlukan 15 cake cases atau papper cup untuk wadahnya.


 

Selanjutnya, untuk membuat Surprise Cupcakes, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi diminta menyiapkan Batter, yang bahan terdiri dari egg, egg yolk, cake flour (kunci biru), dan maizena.


Sedangkan pekerjaan selanjutnya menyiapkan Filling-nya. Bahan untuk membuat filling tersebut meliputi margarine, carrot (small dice), ground beef, green peas, onion (di-chop), parsley (juga di-chop), salt & pepper, fresh milk dan medium flour (segitiga).


Pekerjaan terakhir adalah menyiapkan Topping-nya yang memanfaatkan grated cheedar cheese. Selain itu, mahasiswa juga diminta menyiapkan 15 cake cases atau papper cup sebagai wadahnya.


 

”Untuk memasaknya hingga matang, empat kreasi Cupcakes kekinian itu harus di-bake pada suhu 170*C selama 10-15 menitan. Selanjutnya empat kreasi Cupcakes tersebut di-plating dan di-garnish lebih dulu, agar tampilannya cantik, menarik dan elegan, sebelum disajikan di atas meja uji,” terang Chef Lusi di hadapan anak didiknya.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar