twitter

Pages

Selasa, 28 Juli 2020

Hebohnya Mahasiswa Belajar Buat Roti Lean (Plain) Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


 Mahasiswa Baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Diajarkan Teknik Buat Italian Pizza yang Lezat 


PADA pertemuan hari pertama, Kamis (23/07/2020) pagi, 12 mahasiswa baru Pastry Art II (P1) Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Roti Lean (Plain) oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., di Laboratorium Praktik Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Selama dua kali tatap muka, Dosen Pengajar Pastry Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat delapan resep Roti Lean (Plain). Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Lean (Plain) yakni Bruschetta, Multigrain Bread, Whole Wheat Bread dan Italian Pizza di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Jumat (24/07/2020) pagi, giliran mahasiswa Pastry Art II (P1) Kelas Pagi kembali dibekali empat resep Roti Lean (Plain) yang lain, yakni Pita Bread, Viena Bread, Oatmeal Bread dan Oregano Bread.

Untuk memudahkan pekerjaan, 12 mahasiswa baru Pastry Art Class itu dibagi dalam enam kelompok, masing-masing beranggotakan dua orang per kelompok. Semangat tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Bruschetta, Multigrain Bread, Whole Wheat Bread dan Italian Pizza sesuai job desk-nya masing-masing. 

Setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya, usai mem-plating roti yang dibuat masing-masing kelompok dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing. 

Dari empat resep yang diajarkan Chef Mei, ternyata resep cara membuat Italian Pizza kembali menjadi primadonanya. ”Hampir semua anak didik kami request agar dikasih icip-icip Italian Pizza dengan topping-an lengkap mulai tomato sauce, irisan sausage, red paprika, green paprika, onion, mushroom, ground beef (daging cincang yang sudah di-saute dengan garlic) hingga ditaburi parutan mozzarella cheese,” ungkap Chef Mei kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Kamis (23/07/2020) pagi.

Untuk membuat Italian Pizza –bentuk bulat dan beratnya 160 gram-- yang disuka konsumen, bahan yang diperlukan untuk membuat adonan pizza antara lain bread flour (cakra kembar), bread improver, yeast, sugar, black pepper, salt, water dan salad oil. Sedangkan bahan untuk membuat topping-nya terdiri dari tomato sauce, red paprika, green paprika, onion, mushroom, sausage, ground beef dan mozzarella cheese. Selanjutnya Italian Pizza itu di-bake (dipanggang dalam mesin oven) pada suhu 190-200*C selama 20 menitan.

”Selain mendampingi kelompok mahasiswa yang kebagian tugas membuat Italian Pizza, kami juga mengawal kelompok lain yang mendapat tugas membuat Bruschetta, Multigrain Bread dan Whole Wheat Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja uji sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Dwi Mei Retnowati.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)






















































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar