twitter

Pages

Selasa, 28 Juli 2020

Melihat Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Middle East Cuisines Bersama Chef Ari


Mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Persembahkan Maryam Bread Salad dan Martabak


PADA pertemuan hari pertama, Kamis (16/07/2020) pagi,  Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, mengajarkan cara masak dua menu masakan  Middle East Cuisines, yakni Maryam Bread Salad dan Martabak, di hadapan 11 mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Praktik masak tersebut dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Dua menu masakan Middle East Asian tersebut cukup populer di Surabaya terutama di Kawasan Masjid Ampel yang dikenal sebagai sentral masakan khas Timur Tengah. Di lidah orang Surabaya, cita rasa Maryam Bread Salad dan Martabak sudah tidak asing lagi. Kedua menu masakan khas Timur Tengah itu sekarang sudah menjamur sehingga mudah ditemui hingga pinggiran kota Surabaya.

Kepopuleran Maryam Bread Salad dan Martabak ini juga diajarkan kepada mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Selain kedua menu masakan tersebut, pada pertemuan hari berikutnya, Jumat (17/07/2020), mahasiswa diajarkan cara membuat Djari Hmar dan Lebanese Potato.

”Sedangkan gelaran La Mian Demo bersama Master Chef of La Mian Chef Kurniawan dihelat Sabtu (18/07/2020) pagi. Materi cooking demo kali ini berbeda dengan mahasiswa Culinary Art I (C1) yang telah kami bekali teknik masak Kafta dan Nasi Kebuli,” kata Chef Ari Purwantoro di ruang kerjanya, Kamis (16/07/2020) siang.

Praktik masak Middle East Cuisines tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada 11 mahasiswa Culinary Art II (C1) Kelas Pagi seputar teknik memasak aneka makanan khas Timur Tengah yang citarasa dan teksturnya berbeda banget dengan masakan Chinese Food (Oriental Cuisines).

Pelajaran pengolahan makanan Middle East Cuisines ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap sejumlah  makanan khas yang berasal dari kawasan Timur Tengah.

Saat praktik masak Martabak dan Maryam Bread Salad, 11 mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi tampil all out sejak prepare bahan, proses memasak hingga menyajikan masakan tersebut, dengan di dampingi Chef Ari di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya.

Untuk membikin Maryam Bread Salad, sedikitnya melalui dua tahapan pekerjaan. Tahap pertama menyiapkan bahan untuk membuat The Bread yang terdiri dari soft flour, white margarine, egg, water dan salt. Sedangkan untuk menyiapkan filling-nya, maka bahan yang diperlukan antara lain iceberg lettuce, tomato, cucumber, onion, mayonnaise dan curry powder.

Sementara itu untuk membuat Martabak, juga terdapat dua tahapan pekerjaan, Pekerjaan tahap pertama adalah membuat The Skin yang bahannya meliputi soft flour, white margarine, water dan salt. Sedangkan pekerjaan tahap kedua adalah menyiapkan Filling-nya.Bahan untuk membuat filling antara lain ground beef, leek, curry powder, eggs, salt dan pepper.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar