twitter

Pages

Jumat, 24 Juli 2020

Keseruan Mahasiswa Belajar Advance Pastry Art Bersama Chef Arie Novianti


Juwono Saroso: Tristar Group Buka Advance Pastry Art Class Kolaborasi dengan Parisienne French Bistro & Café (Naskah Terakhir, dari 2-Tulisan)

 
TRISTAR GROUP yang mengelola Akpar Majapahit, Tristar Institute dan Politeknik Surabaya, dalam waktu dekat akan membuka program baru, Advance Pastry Art  Class yang membidik calon mahasiswa yang ingin memperdalam materi tingkat lanjut (Advance) dari materi praktik Pastry Art yang telah dipelajari sebelumnya.


”Untuk merealisasikan rencana tersebut, kami sepakat berkolaborasi dengan pihak manajemen Parisienne French Bistro & Café yang beralamat di Jl. Raya Manyar No. 53 A Surabaya,” kata Presdir Tristar Group Ir. Juwono Saroso MM., M.MPar kepada kru www.culinarynews.info, disela-sela meninjau mahasiswa belajar Advance Pastry Art selama dua hari di Kitchen Pastry Lantai 3 Parisienne Bistro, Selasa (21/07/2020) siang.

Fasilitas kitchen di Parisienne French Bistro & Café boleh dibilang lengkap dan modern. Fasilitas kitchen Parisienne Bistro setara hotel bintang lima, sehingga mahasiswa semakin nyaman belajar di Parisienne Bistro dengan pendekatan industri perhotelan.

Oleh karena itu selama dua hari, terhitung Selasa (21/07/2020) dan Rabu (22/07/2020), 23 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria) Kelas Pagi dan Kelas Siang dikenalkan Advance Pastry Art di Parisienne French Bistro & Café bersama Chef Arie Novianti.

Oleh Chef Arie Novianti, yang juga Direktur Parisienne French Bistro & Café, mahasiswa diajarkan teknik membuat dua resep cakes kekinian, yakni Banane Au Chocolate Dome dan Tarte Citroen Meringuee di Kitchen Pastry Parisienne French Bistro & Café Jl. Manyar No 53 A Surabaya.

Dalam kunjungan industri tersebut, rombongan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar di dampingi dua orang Dosen Pengajar Pastry Tristar Manyar Chef Laurentia Vivi dan Chef Ita Suhervin. Tim Multimedia Tristar Group juga turut bergabung untuk meliput dan mengabadikan momentum Advance Pastry Demo & Training tersebut.

Selama pelatihan tersebut, mahasiswa Pastry Art Class diajarkan sekaligus praktik langsung bagaimana teknik membuat dua resep cakes kekinian yang diadopsi dari original recipe Prancis, yakni Banane Au Chocolate Dome dan Tarte Citroen Meringuee yang cantik penampilannya, elegan dan lezat tentunya.

Selain praktik membuat resep pertama, Banane Au Chocolate Dome, Chef Novi juga menerangkan teknik membikin Tarte Citroen Meringuee, mulai apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga kreasi cake tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja uji.

Demi membuat Tarte Citroen Meringuee yang berkelas, elegan dan lezat, pekerjaan tahap pertama membuat Shortcrust Pastry Dough (diameter 112 cm) –dikerjakan pada Selasa (21/07/2020)-- dengan menggunakan bahan seperti flour, butter, egg, water (optional), salt dan gula halus.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Cold butter, pound until very thin, cut 5x10, coat with flour, cut into thin strips both vertically and horizontallly, (2). Sabble with palm, (3). Make hole in the center, sift powdered sugar, (4). Make hole, put egg and salt, (5). Mix egg with sugar then flour, (6). Façade 1 time, (7). Form ball, refrigerate dan (8). Bake 165/170 selama lima menit, egg wash, bake lagi selama 15 menit.

Pekerjaan tahap selanjutnya membuat Lemon Cream. Bahannya terdiri dari egg, lemon juice, sugar, butter dan cornstarch (optional). Sedangkan teknik membuatnya sendiri adalah sebagai berikut: (1). Whisk egg and sugar, (2). Add lemon juice, bain marie, (3). Strain, put inside hand blender dan (4). Add butter little by little.

Pekerjaan tahap terakhir, menyiapkan Italian Meringue. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain egg white, sugar dan water. Sedangkan teknik untuk membuatnya adalah sebagai berikut: (1). Head water and sugar until 116*C, (2). Whisk egg white with 3 times of sugar, (3). Pour sugar syrup into meringue, mixer untuk stiff peak, dan (4). Put in piping bag using star and round trip.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticeria), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar