twitter

Pages

Minggu, 19 Juli 2020

Melihat Keseruan Praktik Food Technology Bersama Chef Ernawati


Mahasiswa Baru Pastry Art Kelas Pagi Olah Biji Kedelai Jadi Tauwa di Laboratorium Praktik Graha Tristar


 SEBANYAK 12 mahasiswa baru Pastry Art (P2) Akpar Majapahit terakreditasi A Kelas Pagi belajar cara membuat Silky Smooth Bean Curd (Tauwa) bersama Dosen Pengajar Food Technology Applications, Chef Ernawati M,MPar., di Laboratorium Praktik Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (13/07/2020) pagi.


12 mahasiswa baru Pastry Art Class itu adalah Ameliana Sunyoto, Kamajaya Adiwida Patriot, Jonathan Adam Williamson, Fabian Soetandio, Sisilia Tifen, Vina Priscilla Leonard, Steven Leonardo, Richard Barnes F., Claudia Nicole Halim, Frenita Jehavah Nissi, Riifdah Shoffiya A dan Catherine Elizabeth.

Mereka tampak antusias mengikuti acara cooking demo membuat Silky Smooth Bean Curd. Teknik masak dengan sentuhan Food Technology yang diajarkan Chef Ernawati di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya, Senin (13/07/2020).

Praktik membuat Silky Smooth Bean Curd  ini menitikberatkan pada pendekatan industri skala rumahan (home industry), sekalipun praktiknya sendiri dilakukan di Laboratorium Praktik Graha Tristar Surabaya. Sehingga, mahasiswa punya gambaran konkret jika nantinya mereka ingin buka usaha sendiri di rumah.

Selain itu, Chef Ernawati juga menerangkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik dasar membuat Silky Smooth Bean Curd, produk olahan dari biji kedelai dan sejumlah bahan pendukung yang lainnya dengan pendekatan Food Technology.

Selanjutnya Chef Ernawati mengajarkan cara membuat Silky Smooth Bean Curd yang resepnya tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus). Dosen Pengajar hanya membagikan fotokopian cara membuat Silky Smooth Bean Curd kepada enam mahasiswa yang menghadiri gelaran cooking demo.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Silk Smotth Bean Curd adalah soy beans dan water (untuk membuat Soy Milk). Selanjutnya untuk membuat Silky Smooth Bean Curd-nya sendiri bahannya meliputi soy milk, glucose dexta lactona (GDL) dan water. GDL ini berfungsi untuk menggumpalkan soy milk saat didinginkan di dalam wadah plastik.

Sementara itu untuk membikin Ginger Syrup, maka bahan-bahan yang disiapkan adalah ginger (jahe emprit bukan jahe gajah yang aromanya lebih kuat dan rasanya pedas), water, sugar, brown sugar dan pandan leaf.

Untuk mempercepat pekerjaan di Laboratorium Praktik Graha Tristar, Chef Erna, sapaannya, membagi 12 mahasiswa menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan empat orang. Mereka ada yang kebagian tugas menyiapkan Soy Milk, Silky Smooth Bean Curd atau Ginger Syrup.

Kelompok 1 (Ameliana, Kamajaya, Jonathan dan Fabian) dapat job menyiapkan Soy Milk dengan merendam 250 gram biji kedelai lebih dulu dengan air panas selama empat jam, sebelum di-blender bersama dua liter air menjadi Soy Milk.

Sedangkan Kelompok 2 (Sisilia, Vina, Steven  dan Richard) membuat Silky Smooth Bean Curd. Bahannya terdiri dari 1 liter Soy Milk, Glocose Dexta Lactona (GDL) dan 60 ml Water. Kelompok 3 mendapat tugas membuat Ginger Syrup.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ginger Syrup adalah Ginger (jahe emprit yang sudah dikupas kulitnya, dicuci dan ditimbang hingga beratnya mencapai 75 gram), 250 ml Water, 150 gram Sugar, 25 gram Brown Sugar dan dua tangkai Pandan Leaf. Pastinya seru banget suasana pagi itu di Kitchen Pastry 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar