twitter

Pages

Kamis, 30 Juli 2020

Mahasiswa Culinary Art Sukseskan Gelaran Demo Masak Sup ala Vietnam


Dari Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar, Chef Ari Persembahkan Pho (Vietnamese Beef Soup) yang Lezat


PADA pertemuan pekan ketiga, tepatnya Senin (27/07/2020) pagi,  Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, menggelar demo masak (showmanship) Pho (Vietnamese Beef Soup) yang lezat di hadapan mahasiswa Culinary Art I (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Acara cooking demo itu sendiri dihelat di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Bagi kalangan tertentu, Pho dari Vietnam ini cukup populer dan sangat disuka. Di Surabaya sendiri, Vietnamese Beef Soup (Pho) tersedia di beberapa restoran yang menawarkan menu-menu masakan khas dari Vietnam.

Selain  restoran tertentu, sejumlah hotel berbintang di Surabaya juga menawarkan sajian kuliner ala Vietnam (Kawasan Asia Tenggara), yang punya cita rasa sensasional berkat olahan bumbu rempah-rempahnya serta teknik penyajiannya yang cantik dan eksotik.

Demi mempercepat pekerjaan di kitchen, Chef Ari dibantu empat mahasiswa Culinary Art I (C1) Kelas Pagi yang hadir pagi itu, untuk prepare bahan masakan, membersihkan bumbu, mencuci daging sapi, men-slice pentol bakso maupun menyiapkan kaldu daging (beef stock) untuk kuahnya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Pho (Vietnamese Beef Soup) antara lain tenderloin beef, garlic, onion, ginger, cinnamon, staranise, clove, salt, pepper dan sugar. Sedangkan untuk membuat stock-nya sendiri bahannya meliputi beef bones (idealnya disiapkan  H-1) dan aneka condiment.

”Selain itu masih ada sejumlah bahan pendukung yang lain yakni kweetiau, local basil, bean sprouts (kecambah/taoge), meat ball (bakso), lettuce, onion, leek, carrot, sauce, hoisine, oyster, sesame oil, hot chiu, fried garlic dan lime (jeruk nipis),” terang Chef Ari di hadapan anak didiknya.

Masih menurut Chef Ari, beef stock (kaldu daging sapi), idealnya disiapkan pada H-1 agar bumbu rempahnya benar-benar meresap sempurna dan daging sapi yang dimasak pun menjadi empuk.

Sedangkan untuk bahan yang lain, seperti irisan daging sapi, kecambah (taoge), daun selada, kweetiau, wortel, pentol bakso, lime, onion, garlic, leek cukup disiapkan pada hari H agar tampak segar saat Pho (Vietnamese Beef Soup) di-plating dan dihidangkan di atas meja uji.

Pho (Vietnamese Beef Soup) merupakan salah satu menu masakan dari Vietnam yang masuk kategori healthy food, karena kuah kaldunya sendiri lebih dominan dengan aroma kayu manis dan bunga cengkih, sehingga kuahnya lebih mirip seperti jamu,” pungkas Chef Ari Purwantoro.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)




























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar