twitter

Pages

Selasa, 28 Juli 2020

Melihat Keseruan Mahasiswa Praktik Masak Middle East Cuisines Bersama Chef Ari Purwantoro


 Mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi Diajarkan Buat Arabian Lamb Curry dan Kabsa Rice


PADA tatap muka hari ketiga, Kamis (23/07/2020) pagi, Dosen Pengajar Culinary Akpar Majapahit Chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM, kembali mengajarkan teknik masak dua menu masakan  Middle East Cuisines yakni Arabian Lamb Curry dan Kabsa Rice bersama mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi. Praktik masak tersebut digelar di Laboratorium Praktik Culinary 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Di Surabaya, cita rasa dua menu masakan Middle East Asian tersebut cukup populer, utamanya bagi penyuka wisata kuliner menu masakan khas Timur Tengah. Makanan itu bisa dipesan di restoran yang menawarkan sensasi kuliner dari kawasan Middle East Asian. Misalnya, di Lazareta Restaurant Jl. Biliton No. 27 Surabaya. Restoran tersebut menawarkan sensasi kuliner ala Middle East Asian.

Saat praktik masak Arabian Lamb Curry dan Kabsa Rice, 11 mahasiswa Culinary Art II (C1) Akpar Majapahit Kelas Pagi berupaya tampil all out sejak prepare bahan, proses memasak hingga menyajikan masakan tersebut, dengan disupervisi langsung oleh Chef Ari di Laboratorium Praktik Culinary Graha Tristar Surabaya.

Untuk membikin Arabian Lamb Curry, bahan-bahan yang disiapkan  di kitchen adalah sebagai berikut onion (dipotong model brunoa lalu di-shallot bareng dengan garlic lokal), bay leaf, curry powder, lamb meat (daging kambing dibersihkan lemak dan seratnya, lalu di-slice tipis bentuk kotak), water, salt & pepper (untuk taste).

”Dari tampilan olahan masakan Arabian Lamb Curry ini berkuah kental, merupakan ciri khas masakan Timur Tengah dengan aroma khas daging kambing, bay leaf dan bumbu rempahnya begitu menggoda selera,” kata Chef Ari Purwantoro di ruang kerjanya, pekan  lalu.

Sementara itu, untuk membuat Kabsa Rice, bahan yang dibutuhkan antara lain long grain rice, tomato fruit, clove (bunga cengkih), cardoman, onion white (dipotong model brunoa), cumin dan ditambahkan sedikit garam untuk taste-nya. Dari tampilannya, Kabsa Rice sekilas mirip Nasi Uduk, tetapi aroma clove dan bumbu rempah-rempah pendukungnya lebih kuat.

Setelah dua menu masakan Middle East Cuisines itu matang sempurna, masing-masing kelompok diminta untuk mem-plating sebaik mungkin, sebelum kreasi makanan itu dinilai dosen pembimbing dari aspek tampilan, tekstur dan cita rasanya.

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar